Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 08:42 WIB

BOGOR, KOMPAS.comRantai motor adalah komponen penting pada motor bebek maupun motor sport. Rantai berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin menuju gear belakang untuk menggerakkan roda, kemudian menjalankan sepeda motor.

Pada lengan ayun motor dengan rantai, ada setelan yang digunakan untuk menyetel kelenturan dari rantai tersebut. Jika rantai sudah kendur dan setelan sudah ada pada bagian paling belakang, salah satu cara mengakalinya adalah dengan memotong rantai.

Namun apa efek dari potong rantai tersebut jika salah dilakukan?

Hilman, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor di Bogor, mengatakan, kalau memotong rantai adalah cara terakhir jika konsumen ingin mengakali rantai yang kendur.

Baca juga: Simak Ini Cara Mudah Menyetel Rantai Sepeda Motor

Gir dan rantai sepeda motor menjadi komponen penting yang harus menjadi perhatian.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Gir dan rantai sepeda motor menjadi komponen penting yang harus menjadi perhatian.

Potong rantai akan dilakukan jika pelanggan yang meminta dan belum ada budget untuk membeli gear set dan rantai yang baru,” ucap Hilman kepada Kompas.com, Kamis (16/1/2020).

Potong rantai sebenarnya tidak disarankan, karena jika salah dalam memotongnya, rantai menjadi miring dan setelan rante akan mudah berubah. Lebih baik langsung ganti gear set. Jika terpaksa memotong rantai, lebih baik dikerjakan oleh tenaga ahli.

“Jika rantai sudah miring, setelan rantai pada swing arm bisa berbeda antara kanan dan kiri. Jika terpaksa dan mau dipotong, lebih baik dilakukan di bengkel resmi karena disediakan alat khusus untuk memotong rantai,” kata Hilman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.