Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz Seken Lebih Dicari daripada Yaris dan Swift

Kompas.com - 17/01/2020, 15:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski segmen hatchback cenderung lesu dan semakin menurun di Indonesia, tapi dari sisi penjualan di pasar mobil bekas, relatif normal. Artinya, penikmat hatchback belum turun signifikan layaknya di mobil baru.

Dari ragam hatchback yang dipasarkan di Indonesia, Honda Jazz menjadi produk yang paling stabil harga jualnya. Bahkan untuk model lawas atau generasi awal-awal pun masih banyak yang mencari.

Lantaran itu para pedagang mobil bekas pun lebih cenderung memilih menyetok Jazz dibandingkan hatchback lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ridwan, salah satu pemilik showroom mobil seken Cemerlang di wilayah Jakarta Timur.

Baca juga: Jangkung dan Bermesin Diesel, Ini Mobil Bekas Paling Dicari Usai Banjir

"Selain harganya stabil, dalam arti tidak mengalami penurunan yang besar, pasarnya juga memang masih bagus. Pernah dapat model yang awal-awal masih i-DSI juga cepat laku, tidak sampai berbulan-bulan," kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/1/2020).

Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

Untuk kisaran harga, model i-DSI lansiran 2005 atau sering disebut GD3 diklaim Ridwan memang saat ini sudah sangat turun, banderol tertingginya berkisar Rp 97 jutaan.

Itu tergantung dari kondisinya, bila bodi sudah kusam atau sisi originalitasnya sudah berkurang bisa lebih murah.

Sementara untuk yang model keluaran 2010 dengan mesin i-VTEC, memang sedikit mahal lantara usianya lebih muda, kisaran harganya masih berada di Rp 145 jutaan. Kalau model terbaru lansiran 2017, harganya masih bertahan di kisaran Rp 180 jutaan.

Hal senada juga diutarakan oleh Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih. Menurut dia, Jazz memiliki pasar yang cukup bagus karena peminatnya lebih luas dibandingkan Yaris atau Swift, karena itu pula penyusutan harganya relatif lebih stabil.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Bisa Dapat Jazz hingga Innova

Mobkas Mobil88Stanly/Otomania Mobkas Mobil88

"Kalau Yaris itu memang susah, sementara Suzuki Swift konsumennya itu lebih loyalis. Untuk Jazz karena pasarnya lebih umum, dalam arti orang suka desain terus punya bagasi yang lapang, jadi populasinya juga banyak. Boleh dibilang Jazz konsumennya lintas umur, karena tidak anak muda saja yang pakai," ucap Herjanto.

Dengan kriteria harga yang masih stabil, menurut Herjanto membuat pedagang lebih percaya diri menjual Jazz dibandingkan merek hatchback lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com