Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik Honda

Kompas.com - 17/01/2020, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mesin baru skuter matik (skutik) 110 cc Honda yang awalnya terpasang di Honda Genio sekarang sudah terpasang di "adik" barunya, yaitu All New Honda BeAT. Mesin CVT dari Honda memiliki tonjolan hitam pada bagian belakang dari CVT dan posisinya dekat dengan suspensi belakang.

Sebenarnya apa fungsi dari tonjolan tersebut?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, tonjolan hitam tersebut berfungsi sebagai pelindung sensor kecepatan di ban belakang.

Baca juga: Honda BeAT 2020 Masih 110 cc, Mungkinkah Naik Kelas ke 125 cc?

gigi transmisi skutikFathan gigi transmisi skutik

“Fungsinya sebagai cover dari speed sensor yang ada di bagian belakang motor,” kata Endro kepada Kompas.com pada Kamis (16/1/2020).

Fungsi dari sensor kecepatan yang pertama yaitu untuk menginformasikan kecepatan kendaraan. Fungsi selanjutnya yaitu untuk syarat dari kerjanya Idling Start Stop (ISS) pada skutik Honda.

“Peletakan speed sensor di belakang karena yang dibaca oleh sensor adalah gigi transmisi, dan letaknya ada di belakang CVT, dekat roda belakang. Untuk motor yang tidak ISS tetap ada speed sensor-nya,” ucap Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com