Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Belum Tertarik Bermain di Segmen Motor Sport Retro

Kompas.com - 17/01/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan motor sport retro di bawah 250 cc sekarang ini semakin beragam. Pemainnya juga cukup banyak, mulai dari Kawasaki, Benelli, dan Yamaha.

Kawasaki memiliki W175, W175 Cafe, dan W175 TR. Selaon itu, ada juga Benelli dengan Motobi 200, Motobi 200 EVO, dan Motobi 152. Terakhir, ada pemain baru, yaitu Yamaha dengan XSR 155.

Baca juga: CB150R Versi Thailand, Apakah Meluncur Juga di Indonesia?

Melihat pertumbuhan segmen tersebut, Honda nampaknya masih belum mengambil langkah untuk ikut bermain di dalamnya. Padahal, Honda juga memiliki model motor sport retro yang sudah mengaspal di negara tetangga, yakni Thailand.

Honda CB150R ExMotion.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CB150R ExMotion.

Honda Thailand sejak akhir 2017 sudah memiliki CB150R ExMotion. Di pertengahan 2019 lalu, Honda Thailand juga menambah variannya dengan meluncurkan CB150R Streeter.

PT Astra Honda Motor (AHM) masih betah mempertahankan CB150R StreetFire dengan desain bodi yang tajam dan agresif. Sedangkan CB150R ExMotion dan Streeter lebih mirip dengan Neo Sports Cafe, seperti desain CB650R yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bedah Spesifikasi Honda CB150R ExMotion

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM, mengatakan, pihaknya masih mempelajari peluang-peluang dari segmentasi di kelas sport, ada variasi apa saja.

"Kita melihat bahwa market dari naked dan full fairing masih signifikan cukup besar sampai saat ini kebutuhan konsumennya. Memang dari retro ada peningkatan, itu makanya kita masih amati dan pelajari," ujar Thomas, saat peluncuran Honda BeAT 2020, di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com