BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Auto 2000

Ini 4 Tanda Mobil Lama yang Sudah Waktunya Diganti

Kompas.com - 16/01/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi Tukar Tambah Mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi Tukar Tambah Mobil

KOMPAS.com – “Apa sudah saatnya saya mengganti mobil dengan yang baru?” Pertanyaan seperti itu mungkin sering kali terlintas di benak para pemiliki kendaraan.

Berbicara mengenai hal tersebut, setiap pemiliki mobil biasanya memiliki preferensi sendiri tentang kapan saatnya mengganti mobil lama dengan yang baru.

Ada yang menggunakan mobilnya hingga belasan tahun baru menggantinya. Bahkan, ada pula yang sudah mengganti mobil dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun.

Sebenarnya tidak ada aturan pasti mengenai berapa lama penggunaan mobil sebelum menggantinya dengan unit yang baru.

Namun demikian, menurut artikel di laman edmunds.com, Senin (1/10/2018), terdapat beberapa tanda yang dapat menjadi acuan bahwa sudah waktunya untuk mengganti mobil lama dengan yang baru.

Biaya perawatan makin tinggi

Jika setiap tahun biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan perawatan mobil semakin meningkat, mungkin sudah saatnya menjualnya dan membeli mobil baru.

Apalagi jika total biaya perawatan dan perbaikan yang dikeluarkan menelan biaya lebih dari setengah dari nilai jual mobil lama Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah mobil tua cenderung membutuhkan perawatan dan perbaikan yang lebih besar dan lebih mahal.

Suku cadang sulit ditemukan

Biasanya suku cadang untuk mobil yang berumur lebih dari 10 tahun sudah mulai langka di pasaran. Tak hanya itu, harganya pun bisa lebih mahal dari pada suku cadang mobil baru.

Hal tersebut bisa jadi sangat merepotkan. Sebab, ketika mobil mengalami kerusakan, Anda bisa dibuat repot karena harus mencari suku cadang yang sudah sulit ditemukan tersebut.

Lebih dari itu, Anda juga harus rela merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang tidak murah.

Kebutuhan berubah

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan Anda pasti akan ikut berubah. Misalnya, dulu mobil model city car sudah cukup untuk mengakomodir semua kebutuhan Anda.

Ilustrasi mobil keluargaSHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil keluarga

Namun, ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, ukuran city car  yang kecil dirasa sudah tidak bisa lagi menampung penumpang dan barang bawaan ketika bepergian.

Belum lagi, saat digunakan untuk perjalanan jauh pun mobil terasa sudah kurang nyaman.

Bila sudah begitu, berarti sudah saatnya Anda mengganti mobil dengan ukuran dan daya tampung yang lebih besar. Ini agar keluarga tetap merasa nyaman saat berkendara.

Fitur keselamatan

Mobil lama Anda mungkin masih nyaman digunakan hingga saat ini. Akan tetapi, jika dilihat dari aspek fitur keselamatan, fitur pada mobil keluaran 10 tahun lalu tentunya sudah tertinggal jauh. Padahal fitur ini menjadi salah satu hal paling penting.

Mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih modern. Misalnya, dua airbag di bagian depan, sabuk pengaman di setiap kursi, sistem pengereman darurat, serta sistem keamanan modern lainnya.

Jika Anda memutuskan untuk mengganti mobil dengan yang baru, langkah selanjutnya adalah menentukan cara yang tepat untuk menjual mobil lama.

Program tukar tambah

Saat ini, aktivitas jual beli mobil semakin mudah dengan tersedianya banyak platform dan sistem jual beli yang memudahkan pemilik kendaraan. Misalnya, program trade in atau tukar tambah mobil lama dengan mobil baru, yang ditawarkan Auto2000.

Program yang berkolaborasi dengan Toyota Trust itu, akan memfasilitasi seluruh proses penjualan mobil lama menjadi mobil baru Toyota. Menariknya, Auto2000 menerima segala merek mobil yang ingin ditukar tambah.

Program itu dapat menjadi solusi bagi pemilik kendaraan yang tidak mau repot ketika menjual mobilnya. Pasalnya, lewat program itu pemilik tidak perlu lagi memasarkan mobil lewat platform jual beli online, mendatangi showroom, atau mencari pembeli dari mulut ke mulut.

Pemilik mobil cukup mendaftarkan diri, mengisi data mengenai harga mobil lama, dan ekspektasi harga jual yang diinginkan di website Auto2000. Kemudian tentukan jadwal pengecekan dan penilaian mobil lama.

Setelah itu, akan dilakukan proses pengecekan secara detail dan terstandarisasi Toyota guna meminimalkan potensi dan risiko kecurangan.

Tanpa menunggu lama, maksimal 24 jam, Anda akan mendapat penawaran harga terbaik sesuai kondisi mobil lama. Untuk informasi lebih lanjut, pemilik kendaraan bisa mengunjungi laman resmi Auto2000.

Alhasil, dengan mengikuti program trade in tersebut, keinginan Anda untuk memiliki mobil baru jadi lebih mudah dan aman.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya