Ini yang Terjadi Kalau Cas Baterai Motor Listrik dari Kosong

Kompas.com - 15/01/2020, 10:22 WIB
Baterai Li Ion buatan Bosch KOMPAS.com/GilangBaterai Li Ion buatan Bosch

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti catu daya perangkat elektronik yang lain, baterai sepeda motor listrik bisa habis saat dipakai. Karena itu produsen memberikan indikator untuk mengetahui daya yang tersisa.

Andri Fauzi, Teknisi Electric Vehicle Indonesia (Elvindo), mengatakan, pemilik sebaiknya sudah cas baterai sebelum benar-benar habis dan motor mogok, atau ketika indikator berwarna merah.

Baca juga: Limbah Baterai Motor Listrik Bisa Buat Lampu Jalan

"Karena kalau sampai habis total bisa drop, jadi mengisi ulangnya cukup lama ketimbang masih ada sedikit kemudian diisi ulang," kata Andri kepada Kompas.com, di Cikupa, Tangerang belum lama ini.

Fasilitas perakitan Elvindo di Cikupa, Tangerang.KOMPAS.com/Gilang Fasilitas perakitan Elvindo di Cikupa, Tangerang.

Andri mengatakan, khusus untuk Elvindo Rama, perlu waktu enam jam untuk mengisi ulang baterai dari kosong sampai penuh. Sedangkan kalau masih tersisa sedikit hanya butuh waktu dua sampai tiga jam mengisi ulang.

Baca juga: Konsep Tukar Baterai Motor Listrik ala Pertamina dan Gesits

Andri menampik soal asumsi jika sering membiarkan baterai sampai kosong kemudian baru diisi ulang membuat baterai cepat bocor. Sebab menurutnya baterai sekarang punya daya tahan yang jauh lebih baik.

"Sebetulnya tidak juga sih, karena sekarang kan baterai sudah canggih. Hanya jadi lama saja ngangkatnya (mengisinya). Tapi kondisi baterainya tetap sama saja," katanya.

Elvindo Rama mengusung baterai lithium/plumbic acid dengan dua pilihan yakni 60V 20A dan 60V 12A. Motor listriknya berkekuatan 1000W, diklaim mampu dipacu hingga 70kpj dengan jarak tempuh 65 km.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X