Pilihan Motor Listrik Makin Banyak, Simak Daftarnya

Kompas.com - 14/01/2020, 18:25 WIB
Elvindo Rama KOMPAS.com/GilangElvindo Rama
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlahan namun pasti segmen sepeda motor listrik mulai tumbuh. Motor ramah lingkungan ini pun kedatangan pemain baru yakni Elvindo, singkatan dari Electric Vehicle Indonesia.

Penetrasi Elvindo pun menambah jajaran merek motor listrik di Indonesia. Mulai dari Honda PCX Electric, Gesits, Viar Q1, Selis, United dan juga EC-GO. Bedanya untuk PCX listrik saat ini belum dijual secara ritel.

Tiap merek memiliki jagoan dan spesifikasi tersendiri untuk menggaet konsumen. Mulai dari desain sporti seperti Gesits. Kemudian jarak tempuh yang jauh seperti Viar Q1, atau murah dengan sistem sewa seperti EC-GO.

Berikut spesifikasi beberapa motor listrik yang ada di Indonesia:

Peluncuran Honda PCX ElectricKOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX Electric

1. Honda PCX Electric

Honda PCX Electric dibekali 2 baterai lithium-ion masing-masing berkapasitas 50,4V. Maksimum output-nya tercatat 4,2kW pada 5.500 rpm, dan bisa berjalan sekitar 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 kpj saat baterai terisi penuh.

Sistem pengisian Honda Mobile Power Pack ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu swap system dan colok ke stop kontak. Lama pengisian butuh waktu 6 jam mengisi daya dari kondisi kosong. Namun jika quick charge maka hanya butuh waktu 4 jam.

Skuter listrik Gesits menggunakan belt sebagai penggerak rodaKompas.com/Donny Skuter listrik Gesits menggunakan belt sebagai penggerak roda

2. Gesits

Gesits, menggunakan baterai Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) itu memiliki spesifikasi 72V 20 A. Dalam kondisi penuh bisa berjalan sejauh 70 km.

"Kami punya teknologi sendiri dan merek sendiri. Diharapkan dengan ini industri pendukungnya juga berkembang seperti baterai dan komponen listriknya lain seperti kontroler," kata Harun Sjech, CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X