Catat, Ini Daftar Kota yang Sudah Terapkan Tilang Elektronik

Kompas.com - 14/01/2020, 17:42 WIB
Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik. KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRIKamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah kota di Indonesia sudah mulai melakukan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE). Penerapan tilang ini ditujukan untuk menekan pelanggaran lalu lintas.

Dengan minimnya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, diharapkan angka kecelakaan yang terjadi juga akan menurun. Pasalnya, terjadinya kecelakaan kebanyakan disebabkan karena pelanggaran lalu lintas.

Penerapan tilang elektronik ini dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan tilang manual. Hal ini karena, pelanggar tidak perlu mendatangi kantor kejaksaan atau pengadilan untuk mengikuti persidangan.

Melainkan cukup membayar denda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya, dan pembayaran ini sudah bisa dilakukan secara online.

Tetapi, jika pemilik kendaraan tidak melakukan konfirmasi maka Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) akan langsung diblokir. Dan blokir baru bisa dibuka setelah pemilik kendaraan melakukan pembayaran.

Berikut beberapa kota di Indonesia yang sudah menerapkan tilang elektronik

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

DKI Jakarta

DKI Jakarta sudah mulai melakukan penerapan tilang elektronik sejak November 2018 lalu. Hanya dalam waktu sepekan sebanyak 62 surat tilang sudah dilayangkan kepada para pelanggar.

Memasuki tahun kedua ini, Ditlantas Polda Metro Jaya memperluas penerapan tilang elektronik. Jika sebelumnya jumlah kamera pengawas yang dipasang hanya sebanyak 12 titik.

Mulai 2020 jumlah kamera pengawas yang dipasang ditambah sebanyak 45 kamera. Sehingga total kamera pengawas menjadi 57 kamera pengawas.

Dengan semakin banyaknya kamera yang dipasang akan bisa mendorong pengguna jalan agar lebih tertib dalam berkendara.

Baca juga: Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Semarang

Papan imbauan pemberlakuan penindakan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di Jalan KH. Wahid Hasyim arah Tanah Abang pada Kamis (1/11/2018)KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Papan imbauan pemberlakuan penindakan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di Jalan KH. Wahid Hasyim arah Tanah Abang pada Kamis (1/11/2018)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X