Pertamina Sebut Biosolar B30 Sudah Tersedia Hampir di Seluruh SPBU

Kompas.com - 14/01/2020, 12:36 WIB
Uji coba B30 Pertamina Uji coba B30 Pertamina
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Biodiesel 30 persen atau B30, telah berjalan sejak Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikannya jelang akhir 2019. Lanjutan dari program B20 ini, diharapkan dapat bisa menghemat devisa negara sebesar Rp 63 triliun.

Lantas sudah sejauh mana penyebaran B30 sampai dengan saat ini. Menjawab pertanyaan tersebut, VP Corporate Communicatioan PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, menjelaskan, bila B30 sudah bisa dibeli hampir di seluruh SPBU Pertamina yang ada di Indonesia.

"Titik blending kami sudah cukup banyak, dari 28 titik blending yang menyebar di seluruh Indonesia akan disalurkan ke ke SPBU milik Pertamina di seluruh Indonesia," kata Fajriyah kepada Kompas.com, Senin (13/1/2020).

Sementara untuk jenis bahan bakar diesel yang menerapkan kandungan 30 persen Fatty, Acit, Metil, Eter (FAME) yang didapat dari minyak sawit hanya ada pada Biosolar saja, tidak pada Dexlite dan Pertamina Dex. Menurut Fajriyah, hal ini mengacu pada Keputusan Menteri ESDM Nomor 277 Tahun 2019 mengenai kebijakan B30.

Baca juga: Jokowi Resmikan Solar B30, Tahun Depan Berlanjut ke B40

"Hanya pada Biosolar saja, manfaat dari B30 ini juga meningkatkan performa mesin. FAME yang bersifat detergency mampu membersihkan mesin kendaraan maupun indusrti lebih baik, selain juga meningkatkan penggunaan produk dalam negeri karena menjaga keberlangsungan industri sawit sebagai penyedia bahan bakunya," ucap Fajriyah.

Lebih lanjut, Fajriyah menjelaskan ke 28 titik simpul pencampuran tersebut terdapat hampir di tiap pulau. Untuk Sumatera terdapat tujuh lokasi, yakni Medan, Dumai, Siak, Plaju, Panjang, Tlk Kabung, dan Tanjung Gerem.

Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Sementara untuk Pulau Jawa, mulai dari Bandung Grup, Jakarta Grup, Cikampek, Balongan, Tasikmalaya, Cilacap Grup, Semarang Grup, Boyolali, Surabaya, Rewulu, Tuban, Tanjung Wangi, dan Manggis yang berada di sisi timur Pulau Bali.

Untuk Kalimantan, ada di Balikpapan Grup, STS Pontianak, dan Kota Baru Grup. Untuk Sulawesi meliputi Bitung dan Makassar, setelah itu berlanjut ke Kupang dan Kasim yang berada di Sorong, Papua Barat.

"Sampai saat ini berdasarkan data, penggunaan B30 sebanding dengan para pengendara berbahan bakar solar. Berdasarkan data jumlah konsumsi Biosolar B30 secara nasional jumlahnya sudah 42,9 KL per hari," kata Fajriyah.

Baca juga: Mengenal BBM Solar B30 yang Diresmikan Jokowi

Pertamina mulai uji coba B30 Pertamina mulai uji coba B30

Sebelumnya, pada Desember lalu Jokowi menjelaskan bila program B30 merupakan lanjutan dari B20 yang nantinya akan terus berkembang hingga ke B100.

"Tahun depan masuk ke B40, lalu masuk ke B50. Saya kira tak perlu terlalu jauh targetnya langsung ke B100, bila step-step itu bisa dilakukan, maka devisa akan makin besar diperoleh. Bila sekarang Rp 63 triliun, nanti kalau sudah B40 dan B50 akan makin besar lagi," ucap Jokowi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X