Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Tegakkan Moge yang Berat dengan Mudah

Kompas.com - 14/01/2020, 08:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menegakkan motor gede yang sedang standar samping butuh teknik khusus. Karena kalau asal, dijamin bakal sulit atau malahan keseleo, sebab motor memiliki bobot yang cukup berat.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada trik mudah jika ingin menegakkan posisi moge yakni dengan memutar setang ke kanan terlebih dulu.

Baca juga: Saat Motor Parkir, Sebaiknya Pakai Standar Samping atau Tengah?

"Putar setang ke posisi kanan. Bodi motor kemudian bisa sambil kita dorong menggunakan paha atau bagian badan. Begitu motor sudah tegak kita tinggal naik," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bengkel umum moge One3 MotoshopKOMPAS.com/Gilang Bengkel umum moge One3 Motoshop

Jusri mengatakan, dengan mengarahkan setang ke kanan terlebih dahulu maka motor akan lebih mudah ditegakkan, sebab saat akan ditegakkan beban motor sudah berpindah sebagian.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Motor Berteduh di Bawah Jembatan Ada Aturannya

Dengan menutar setang ke kanan dan kemudian mendorong bodi motor pakai badan, hal ini juga menghemat energi ketimbang baru menegakkan motor ketika sudah naik di atas jok.

"Ini akan menghemat energi sebab moge punya bobot yang berat, energi kita bisa cepat habis hanya untuk menegakkan motor Harley-Davidson yang beratnya bisa nyaris 500 kg," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com