Begini Cara Tegakkan Moge yang Berat dengan Mudah

Kompas.com - 14/01/2020, 08:32 WIB
Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker seva.idParkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker

JAKARTA, KOMPAS.com - Menegakkan motor gede yang sedang standar samping butuh teknik khusus. Karena kalau asal, dijamin bakal sulit atau malahan keseleo, sebab motor memiliki bobot yang cukup berat.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada trik mudah jika ingin menegakkan posisi moge yakni dengan memutar setang ke kanan terlebih dulu.

Baca juga: Saat Motor Parkir, Sebaiknya Pakai Standar Samping atau Tengah?

"Putar setang ke posisi kanan. Bodi motor kemudian bisa sambil kita dorong menggunakan paha atau bagian badan. Begitu motor sudah tegak kita tinggal naik," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bengkel umum moge One3 MotoshopKOMPAS.com/Gilang Bengkel umum moge One3 Motoshop

Jusri mengatakan, dengan mengarahkan setang ke kanan terlebih dahulu maka motor akan lebih mudah ditegakkan, sebab saat akan ditegakkan beban motor sudah berpindah sebagian.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Motor Berteduh di Bawah Jembatan Ada Aturannya

Dengan menutar setang ke kanan dan kemudian mendorong bodi motor pakai badan, hal ini juga menghemat energi ketimbang baru menegakkan motor ketika sudah naik di atas jok.

"Ini akan menghemat energi sebab moge punya bobot yang berat, energi kita bisa cepat habis hanya untuk menegakkan motor Harley-Davidson yang beratnya bisa nyaris 500 kg," katanya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X