[POPULER OTOMOTIF] Mau Beli Mobil, Warga DKI Wajib Sertakan Surat Punya Garasi | Tak Punya Garasi Didenda Rp 2 Juta

Kompas.com - 14/01/2020, 06:02 WIB
Ilustrasi parkiran mobil di Jepang Ilustrasi parkiran mobil di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang menarik perhatian masyarakat, yaitu tentang peraturan daerah (Perda) tentang wajib memiliki garasi ketika memiliki mobil. Aturan ini akan berlaku di Kota Depok dan DKI Jakarta.

Apabila punya mobil dan tidak memiliki garasi maka akan dikenakan denda Rp 2 juta. Bahkan untuk warga DKI Jakarta jika ingin beli mobil, harus menyertakan punya surat punya garasi.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 13 Januari 2020:

1. Mau Beli Mobil, Warga DKI Wajib Sertakan Surat Punya Garasi

Ilustrasi garasi mobil.www.starcollisioncenters.net Ilustrasi garasi mobil.

Menyusul Depok, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (DKI), juga akan mengetatkan kembali aturan wajib punya garasi bagi warganya yang akan membeli mobil baru.

Regulasi yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah ( Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi ini, sebelumnya juga sudah pernah ramai digencarkan ketika era kepemimpinan Gubernur Djarot Saiful Hidayat di 2017 silam.

Kepala Dishub DKI Jakarta Sayfrin Liputo, menjelaskan bila pihaknya akan menggandeng Badan Pajak dan Retribusi Daerah ( BPRD) serta kepolisian untuk menangangi masalah kewajiban memiliki lahan parkir atau garasi.

Baca juga: Mau Beli Mobil, Warga DKI Wajib Sertakan Surat Punya Garasi

2. Aturan Wajib Punya Garasi Juga Akan Berlaku di Jakarta

Ilustrasi garasi mobil.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi garasi mobil.

Pemerintah Kota Depok resmi mengesahkan peraturan daerah ( perda) wajib memiliki garasi bagi warganya yang ingin membeli mobil baru. Hal ini diterapkan karena banyak masyarakat mengeluh karena kondisi mobil parkir sembarangan sampai memakan badan jalan.

Namun, aturan ini pun tak hanya berlaku di Depok. Pasalnya, saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga sedang berkonsentrasi unutuk menggencarkan lagi soal regulasi tersebut.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X