Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda PCX Bakal Dibekali Airbag

Kompas.com - 13/01/2020, 16:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda resmi mematenkan sistem airbag terbaru untuk pengendara sepeda motor. Sistem airbag baru ini dipasang secara vertikal, dan akan melindungi pengendara jika ada tumbukan dari depan.

Sebelumnya Honda sudah punya sistem airbag yang dipakai di Honda Gold Wing Tour DCT Airbag. Bedanya, sistem airbag baru ini dirancang untuk tipe skuter dan atau motor kecil sehingga lebih ringkas.

Baca juga: Perbedaan Honda PCX 150 Ekspor Brasil dengan Versi Indonesia

Honda PCX akan dibekali teknologi airbagFoto: 2banh.vn Honda PCX akan dibekali teknologi airbag

Mengutip situs 2banh.vn, paten sistem airbag ini diberi nama 'Pocket for Scooter PCX' yang berarti kemungkinan model pertama skuter Honda yang pakai airbag merupakan PCX-series, entah itu PCX 125 atau PCX 150.

Jenis airbag baru Honda ini memiliki mekanisme yang mirip dengan airbag mobil. Ada sensor yang terletak di bagian bodi depan untuk mendeteksi tabrakan dan mengirim sinyal untuk mengembang airbag.

Baca juga: Cara Gampang Dongkrak Visual Honda PCX 150

Airbag diklaim akan mengembang dalam 0,04 - 0,05 detik. Pengujian yang dilakukan pada kecepatan 50 kpj, saat kantung udara yang mengembang mampu mengurangi cedera kepala dan dada pengendara.

Airbag pada Honda GoldWingKOMPAS.com/Gilang Airbag pada Honda GoldWing

Airbag akan segera mengembang apabila sensor mendeteksi ada guncangan yang terjadi di bagian depan. Kekurangannya ialah perlindungan ini lebih fokus ancaman cari depan bukan dari samping atau belakang.

Meski terkesan siap diterapkan ke motor produksi massal, namun sebagaimana diketahui, paten biasanya hanya merujuk soal pengesahan kekayaan teknologi sehingga tidak berarti bakal cepat diterapkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com