Ini Faktor yang Menentukan Kapasitas Tangki BBM Mobil Berbeda-beda

Kompas.com - 12/01/2020, 15:01 WIB
Kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-beda drivespark.comKapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-beda
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain posisi tutup tangki yang berbeda-beda, setiap mobil juga memiliki perbedaan kapasitas tangki BBM. Ada yang hanya sekitar 30 liter, tapi ada juga yang 50 liter, bahkan 80 liter.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan jika kapasitas tangki mobil disesuaikan dengan kapasitas mesin dan dimensi ukuran mobil.

Selain itu, makin besar kapasitas daya angkut, biasanya kebutuhan BBM-nya akan makin banyak.

“Kapasitas tangki beda-beda, biasanya semakin besar kapasitas mesin akan makin besar kapasitas tangkinya. Begitu juga mobil dengan kapasitas mesin kecil, pasti tangki BBM-nya kecil,” ujarnya kepada Kompas.com (12/1/2020).

Baca juga: Viral Struk Pengisian BBM Tidak Sesuai dengan Jumlah Aslinya

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Ia mencontohkan, kapasitas BBM mobil berjenis LCGC lebih kecil dibandingkan mobil Low MPV. Begitu juga dengan tangki milik mobil MPV akan lebih kecil jika dibandingkan dengan SUV.

“Avanza itu kapasitasnya 45 liter, Innova lebih besar sekitar 55 liter, Fortuner lebih besar lagi mencapai 80 liter. Soalnya dari kapasitas mesinnya juga berbeda,” kata Didi.

Selain dari kapasitas mesin, segmentasi mobil tersebut juga menentukan peruntukan mobil. Misalnya mobil LCGC atau city car diperuntukkan untuk perkotaan saja, makanya tangki BBM dibuat lebih kecil karena tidak butuh banyak BBM.

Baca juga: Konsumsi BBM Naik 16 Persen Selama Natal dan Tahun Baru

Perawatan tangki bahan bakar kendaraanOtomania/Setyo Adi Perawatan tangki bahan bakar kendaraan

Sedangkan mobil berjenis SUV, biasanya kerap dipakai ke luar kota bahkan menjelajah jalur offroad. Tak heran mobil jenis ini butuh banyak BBM, makanya tangki BBM dibuat lebih besar.

“Makin besar kapasitas mesin mobil pasti butuh lebih banyak BBM, peruntukannya juga bisa untuk dipakai perjalanan jauh, otomatis tangki lebih besar,” ucap Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales.

“Mobil kota untuk keperluan ringan, hanya di dalam kota, tangkinya dibikin kecil. Selain karena tak butuh banyak BBM, tangki kecil akan berimbas pada bobot yang lebih ringan, sehingga konsumsi BBM bisa lebih efisien,” kata Riecky.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell dan Total di Awal 2020

Mobil sedang mengisi bensin subsidi.Tribunnews/ Nurudin Mobil sedang mengisi bensin subsidi.

Riecky juga mengilustrasikan, kapasitas BBM mobil di segmen yang sama rata-rata hampir serupa. Hal ini salah satunya karena kapasitas mesin yang setara, untuk low MPV kebanyakan bermesin 1.500 cc atau untuk SUV kebanyakan 2.000 cc ke atas.

“Misalnya untuk mengisi sampai penuh di mobil segmen city car rata-rata sebanyak 30-an liter. Sementara Low MPV sekitar 40-an liter, dan SUV ukuran kecil-menengah sekitar 50-an sampai 60-an liter,” ujarnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X