Kompas.com - 11/01/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan pemilik mobil harus lebih perhatian terhadap kendaraannya. Salah satu yang bisa diterapkan ialah dengan melakukan metode perlindungan cat berupa coating.

Robby Kurnia, CEO Autoglaze, perusahaan penyedia jasa cuci dan car care specialist mengatakan, melakukan coating sangat baik terutama di musim hujan, karena cat akan memiliki efek daun talas.

Baca juga: Jangan Cuci Mobil di Rumah dengan Sabun Cuci Piring

"Air hujan mengandung mineral, dan jika mengering di bodi bisa membuat noda air (water spot), atau jamur. Dengan di-coating cat punya efek daun talas, sehingga noda akan jauh lebih sedikit," kata Robby kepada Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Mencuci Mobil di AutoglazeKOMPAS.com / Aditya Maulana Mencuci Mobil di Autoglaze

Robby mengatakan, air hujan yang kering sendiri di bagian bodi mobil bisa menimbulkan bercak seperti garam. Adapun coating melindungi dari hal-hal semacam itu, karena esensi coating ialah menambah lapisan di atas cat.

Baca juga: Teknik Cuci Mobil Kilap Tanpa Air, Amankah buat Bodi Mobil?

Dia mengatakan, pada musim hujan jangan malas membilas seluruh bagian eksterior menggunakan air. Alasan utama, untuk menjaga bodi tidak cepat timbul jamur atau warna cat menjadi pudar.

"Sehabis hujan sebaiknya mobil langsung dibilas atau dicuci pakai air saja tanpa menggunakan sabun, yang penting pastikan dilap sampai benar-benar kering di seluruh bagian eksterior," ujar Robby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.