Pahami Kapasitas Maksimum Sokbreker Sepeda Motor

Kompas.com - 11/01/2020, 08:42 WIB
Sepeda motor membawa beban berlebih terjari Operasi Keselamatan Jaya di UKI, Jumat (9/3/2018) Stanly RavelSepeda motor membawa beban berlebih terjari Operasi Keselamatan Jaya di UKI, Jumat (9/3/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor dibekali dengan suspensi untuk meningkatkan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Setiap sokbreker juga memiliki kapasitas maksimum beban yang mampu ditopangnya.

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, orang Indonesia banyak yang tidak tahu atau tidak paham berapa kapasitas maksimum dari sokbreker motor yang dikendarainya. Tak sedikit pengendara motor yang membawa barang berlebih atau bahkan berboncengan tiga orang.

Baca juga: Fungsi Nitrogen pada Sokbreker Belakang Motor

"Kalau bicara motor standar, masing-masing pabrikan sudah menghitung berapa kapasitas maksimum yang dianjurkan yang bisa dibawa," ujar Rio, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sepeda motor membawa beban berlebih terjaring Operasi Keselamatan Jaya di UKI, Jumat (9/3/2018)Stanly Ravel Sepeda motor membawa beban berlebih terjaring Operasi Keselamatan Jaya di UKI, Jumat (9/3/2018)

Rio menambahkan, rumus untuk mendapat kapasitas maksimum pada sokbreker motor standar di Indonesia adalah berat rata-rata orang Indonesia dikalikan dua. Sebab, diasumsikan motor tersebut juga digunakan untuk berboncengan.

"Saat melebihi kapasitas itu, maka kendali motor tidak akan seimbang," kata Rio.

Baca juga: Perlukah Oli Sokbreker Motor Diganti Secara Rutin?

Agung Febrianto, teknisi Ohlins Indonesia, juga mengatakan hal yang serupa. Menurutnya, kapasitas maksimum pada sokbreker motor standar sekitar 160 kg.

Sokbreker yang melebihi kapasitas maksimumnya bukan hanya membuat kendali motor jadi tidak seimbang. Tapi, juga dapat mengurangi usia dari sokbreker tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X