Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Saingan, Toyota Innova Jadi MPV Medium Paling Diincar

Kompas.com - 10/01/2020, 11:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKijang Innova jadi salah satu produk andalan Toyota di segmen medium MPV. Saat kebanyakan pembeli mulai tertarik mengincar mobil di segmen Low MPV atau SUV, Innova tetap memiliki konsumen tersendiri.

Di kelas medium MPV, penjualan Innova terbilang paling banyak. Capaiannya jelas mengungguli Wuling Cortez yang lebih terjangkau maupun Kia Carnival yang kini semakin mewah.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, mengatakan jika tren medium MPV terbilang stabil di kisaran 4.000 sampai 5.000 unit per bulan.

Baca juga: Diskon MPV Toyota Awal Tahun Masih Tersedia

Toyota Kijang Innova saat di tes di Bali (3 -5 Desember 2015)KompasOtomotif Toyota Kijang Innova saat di tes di Bali (3 -5 Desember 2015)

Secara wholesales, menurut Anton, penjualan Innova pada tahun lalu meraih urutan keempat terlaris dengan jumlah 52.981 unit di bawah Avanza (86 ribuan unit), Rush (61 ribuan unit), dan Calya (54 ribuan unit).

“Konsumen Innova kebanyakan replacement (ganti mobil), lebih dari 40 persen. Additional (tambah mobil) lebih dari 20 persen, sisanya campur-campur,” ujar Anton kepada Kompas.com (9/1/2020).

Di pasaran, Innova saat ini dihargai mulai Rp 322,55 juta (G M/T) sampai Rp 425,25 juta (V A/T Diesel).

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Manfaatkan Diskon Servis di Dealer Toyota

Toyota All-New Kijang Innova.Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Kijang Innova.

Konsumen yang mengincar Innova lebih murah, biasanya bakal mengalihkan perhatian ke pasar mobil bekas. Bisa dibilang, di sana Innova tak kalah laris dan jadi salah satu model paling diminati.

“Innova diminati di pasar mobil bekas lebih karena value totalnya, dari daya angkut, kenyamanan, durability, biaya perawatan, hingga resale value,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com