Begini Caranya Supaya Menghindari Beli Motor Bekas Terendam Banjir

Kompas.com - 10/01/2020, 09:22 WIB
Sejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa. KOMPAS.com/M ZAENUDDINSejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah banjir yang menyerang sebagian besar wilayah Jabodetabek pada awal Januari 2020 ini surut, banyak pemilik kendaraan yang memutuskan segera menjual sepeda motornya. Sebab, motor yang rusak karena terendam banjir membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Salah satu yang waspada terhadap tawaran motor bekas kebanjiran adalah pedagang motor bekas. Berbeda dengan mobil, untuk motor agak lebih sulit mendeteksi apakah pernah terendam banjir.

Baca juga: Pedagang Motor Bekas Tolak Motor Bekas Kebanjiran

"Paling kita harus lebih berhati-hati sih, kalau ada yang jual motor ke kita. Harus cek sampai ke bagian kolong, apakah ada bekas lumpur atau bekas banjir," ujar Darwin Danubrata, dari diler Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Darwin menambahkan, motor yang terendam banjir, bekas lumpurnya tidak bisa hilang dengan mudah jika tidak dicuci dengan sabun. Sedangkan, orang kalau mencuci motor biasanya tidak begitu memperhatikan bagian kolong.

"Termasuk juga dengan bagian mesin yang tertutup bodi. Bagian tersebut sulit dicuci, jadi bisa dilihat juga dari situ," kata Darwin.

Baca juga: Solusi Mudah Rawat Jok Motor di Musim Hujan

Wira Gunawan, dari diler Wira Mandiri Motor di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, untuk mendeteksi motor bekas banjir, biasanya terlihat dari reflektor lampunya.

"Bagian lain bisa dicuci, dipoles, dan hilang bekasnya. Tapi untuk bagian dalam lampu, kan tidak bisa dilap, kecuali ganti baru," ujar Wira.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X