Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas | Mobil Baru yang Meluncur 2020

Kompas.com - 10/01/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Datsun merupakan salah satu merek otomotif yang akan undur diri di pasar otomotif nasional mulai Januari 2020 ini. Nasib di pasar mobil bekas, ternyata sulit dicari baik oleh pedagang maupun pembeli.

Selain itu, informasi yang cukup menarik perhatian masyarakat, yakni tentang daftar mobil baru yang akan meluncur sepanjang 2020.

Penasaran seperti apa artikel lengkapnya, berikut lima artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 9 Januari 2020:

1. Usai Banjir, Pemilik BMW Malah Ingin Tukar Tambah Mobil Baru

Diduga mogok karena banjir, sedan BMW bernomor polisi B 1920 TAD berwarna putih terjebak di tengah banjir yang menggenangi Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (23/1/2015).KOMPAS.com/Robertus Belarminus Diduga mogok karena banjir, sedan BMW bernomor polisi B 1920 TAD berwarna putih terjebak di tengah banjir yang menggenangi Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (23/1/2015).

Ketimbang mengganti biaya perbaikan yang tidak sedikit, beberapa pemilik BMW yang terkena musibah banjir beberapa waktu lalu ingin melakukan trade in atau tukar tambah kepada BMW Astra.

Fredy Handjaja CEO BMW Astra, mengatakan, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena menyangkut standar mobil bekas. Sebab divisi BMW Astra Used Car tidak menerima dan menjual mobil yang pernah terkena banjir.

“Beberapa pemilik menyampaikan ingin melakukan tukar-tambah kendaraannya dengan yang baru, namun dengan berat hati kami sampaikan untuk hal ini divisi used car kami tidak bisa menerimanya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/1/2020).

Baca juga: Usai Banjir, Pemilik BMW Malah Ingin Tukar Tambah Mobil Baru

2. Komentar Mitsubishi, Soal Triton Amfibi Milik BPBD Gresik

Tampilan mobil amfibi milik BPBD Gresik (tengah), yang oleh Bupati Gresik diberi nama Turonggo Tirto.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Tampilan mobil amfibi milik BPBD Gresik (tengah), yang oleh Bupati Gresik diberi nama Turonggo Tirto.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Gresik memiliki mobil amfibi hasil modifikasi yang dilakukan oleh karoseri Tugasanda. Mobil khusus ini dibangun menggunakan basis pikap kabin ganda, Mitsubishi New Triton GLS MT berpenggerak 4WD.

Intan Vidiasari, Deputy General Manager Coordination and Development Office PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI), mengatakan, Triton yang berpenggerak roda 4WD memang memiliki daya jelajah yag lebih kuat dibandingkan mobil penumpang biasa.

"Triton juga di mana-mana dipergunakan untuk fleet, di medan-medan yang berat, seperti perkebunan, pertambangan, dan lainnya," ujar Intan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Komentar Mitsubishi, Soal Triton Amfibi Milik BPBD Gresik

3. Harga Mobil Bekas Datsun Mulai Rp 60 Jutaan, Tertarik?

New Datsun GO+ 2018FEBRI ARDANI/KOMPAS.com New Datsun GO+ 2018

Permintaan Datsun bekas jumlahnya tidak sebanyak LCGC (Low Cost Green Car) lainnya. Hal ini membuat harga jual Datsun sedikit lebih murah dibandingkan model-model seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Brio Satya, maupun Wagon R.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan jika pedagang mobil bekas agak jarang mendapatkan Datsun, baik untuk model Go Panca, Go+, atau Go Cross.

“Kalau dibandingkan Calya atau Sigra, Datsun populasinya memang tidak banyak. Jadi yang jual juga jarang, belum tentu sebulan sekali ada,” katanya kepada Kompas.com (9/1/2020).

Baca juga: Harga Mobil Bekas Datsun Mulai Rp 60 Jutaan, Tertarik?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com