Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn Kabur ke Lebanon, Mengaku Tak Bersalah

Kompas.com - 09/01/2020, 17:45 WIB
Aliansi 2022 : Renault, Nissan, dan Mitsubishi Aliansi 2022 : Renault, Nissan, dan Mitsubishi
Penulis Ari Purnomo
|

 JAKARTA, KOMPAS.com- Mantan bos Nissan Carlos Ghosn muncul di depan umum di Beirut, Lebanon setelah melarikan diri dari Jepang beberapa waktu lalu. Tidak hanya itu, Carlos juga menyampaikan pernyataan tegas terkait tindakannya tersebut.

Sebagaimana video yang ditayangkan oleh Telegraph.co.uk, Carlos mengatakan, bahwa selama ini dirinya tidak mendapatkan perlakuan yang adil di Jepang. Padahal, dirinya sudah mengikuti seluruh proses selama sejak dirinya ditangkap November 2018 lalu.

Dalam jumpa persnya di Beirut, Lebanon di hadapan wartawan dari berbagai media Ghosn mengatakan, bahwa dirinya nekat meninggalkan Jepang bukan untuk bersembunyi. Ghosn menginginkan keadilan terhadap kasus yang tengah menjeratnya.

Baca juga: Carlos Ghosn Resmi Dikeluarkan dari Nissan

Menurutnya, selama ini dia tidak pernah mendapatkan keadilan. Maka dari itu, dirinya pun keluar dari Jepang agar bisa mendapatkan keadilan.

“Saya menekankan bahwa saya tidak bersalah. Saya ingin kebenaran muncul, untuk membela diri sehingga reputasi saya kembali,” tegasnya, Kamis (9/1/2020).

Ghosn juga mengatakan, bahwa dirinya tidak lari dari keadilan. Melainkan dari lari dari ketidakadilan dan persekusi yang selama ini dialaminya.

Selama berada di tahanan di Jepang dirinya tidak pernah mendapatkan haknya. Seperti harus menjalani interogasi selama delapan jam setiap hari.

Baca juga: Carlos Ghosn Kembali Ditahan

“Saya telah menghabiskan berbulan-bulan untuk diinterogasi selama lebih dari 8 jam setiap harinya tanpa kehadiran pengacara. Dan tanpa tahu pasti saya menjadi terdakwa,” tegasnya. 

Ghosn melanjutkan, dirinya juga tidak mendapatkan akses kepada bukti, pembelaan hak asasi dan martabatnya. Bahkan, dirinya mengaku mendapatkan ancaman selama ini.

"’Ini akan menjadi lebih buruk jika kamu tidak mengaku’ kata penyidik berulang-ulang,” ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X