Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Daihatsu Terbaik Kedua Sepanjang 2019

Kompas.com - 09/01/2020, 16:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mempertahankan posisi pangsa pasar nomor dua di otomotif nasional pada tahun 2019.

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menyatakan capaian tersebut sekaligus membuat rekor baru untuk Daihatsu Indonesia.

"Meski data resminya belum rillis, kami bocorkan bahwa market share Daihatsu sekitar 17 persen dari total penjualan pasar otomotif. Atau, secara retail volumenya selama 2019 mencapai 177.588 unit," kata Hendrayadi di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Daihatsu, Suzuki, dan Honda Akibat Banjir

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Adapun model terlaris tahun lalu, lanjut Hendrayadi, ialah Sigra 29 persen, Gran max 21 persen, serta Xenia 16 persen.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa mempertahankan capaian ini selama 11 tahun, yakni dari 2009. Mengingat, persaingan otomotif di dalam negeri begitu ketat dan produk-produk yang ditawarkan pun menarik," ujarnya.

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

Perjalanan Pencapaian Tahunan Daihatsu

Hendrayadi menjelaskan bahwa tidak mudah bagi Daihatsu Indonesia untuk mempertahankan peringkat dua di otomotif nasional. Apalagi tahun ini banyak pabrikan yang mulai lakukan penetrasi kencang.

Baca juga: Ditanya Kapan Rocky Meluncur, Begini Jawaban Daihatsu

"Bila dilihat dari riwayatnya, pada tahun 2007 itu kita hanya ada di peringkat 4 pasar otomotif Indonesia, di bawah Mitsubishi dan Suzuki. Ketiga posisi tersebut terus bergejolak, Toyota tetap di peringkat teratas," ucapnya.

"Setahun kemudian, kita berhasil masuk posisi tiga menyalip pencapaian Suzuki. Suzuki merupakan saingan berat karena produk kita mirip. Lalu di 2009 Daihatsu mulai menduduki posisi dua," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com