Harga Mobil Bekas Datsun Mulai Rp 60 Jutaan, Tertarik?

Kompas.com - 09/01/2020, 11:17 WIB
New Datsun GO+ 2018 FEBRI ARDANI/KOMPAS.comNew Datsun GO+ 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Permintaan Datsun bekas jumlahnya tidak sebanyak LCGC (Low Cost Green Car) lainnya. Hal ini membuat harga jual Datsun sedikit lebih murah dibandingkan model-model seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Brio Satya, maupun Wagon R.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan jika pedagang mobil bekas agak jarang mendapatkan Datsun, baik untuk model Go Panca, Go+, atau Go Cross.

“Kalau dibandingkan Calya atau Sigra, Datsun populasinya memang tidak banyak. Jadi yang jual juga jarang, belum tentu sebulan sekali ada,” katanya kepada Kompas.com (9/1/2020).

Baca juga: Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Sulit Dicari

Datsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekasOtomania Datsun Go dan Go+ bekas agak jarang ditemui di dealer mobil bekas

Walau demikian, mobil bekas Datsun cukup layak jadi pilihan. Sebab dengan usia yang masih muda, mobil ini relatif minim masalah.

Salah satunya karena odometer yang masih rendah, membuat usia komponen jadi lebih awet, dan belum masuk masa penggantian.

Apalagi, Datsun mengusung mesin 1.200 3-silinder bertenaga 68 dk dan torsi 104 Nm. Menurut Herjanto, mobil-mobil di kelas LCGC diminati sebagai kendaraan sehari-hari atau taksi online karena konsumsi BBM yang irit.

Baca juga: Ini 5 Mobil Bekas yang Paling Banyak Dibeli

Keseruan Datsun Risers Challenge 2017 MakassarOtomania/Setyo Adi Keseruan Datsun Risers Challenge 2017 Makassar

Ia juga mengatakan, harga jual Datsun relatif lebih terjangkau dibanding LCGC lainnya. Untuk keluaran awal sekitar tahun 2014, Go Panca atau Go+ bisa didapatkan di kisaran Rp 65 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

“Untuk yang tahun muda, sudah di bawah Rp 100 jutaan. Harganya pasti di bawah merek lainnya, karena peminatnya memang tidak begitu banyak,” ucap Herjanto.

Penurunan harga jual seken model Datsun ini sudah diprediksi, sejak merek asal Jepang tersebut memutuskan untuk menghentikan produksinya pada November 2019 lalu.

Dijadwalkan, aktivitas produksi pabrik Datsun akan berhenti pada Januari 2020 ini. Keputusan ini terbilang mengejutkan, karena Datsun baru saja memulai kembali bisnisnya, dengan menghidupkan kembali merek tersebut.

Baca juga: Tanpa Datsun, Toyota Anggap Kompetisi LCGC Tetap Ketat

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X