Toyota Catat Ribuan Mobil Jadi Korban Banjir Jabodetabek

Kompas.com - 07/01/2020, 17:01 WIB
Sebuah mobil Toyota Kijang rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi. KOMPAS.com/M ZAENUDDINSebuah mobil Toyota Kijang rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.
|

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir Jakarta yang terjadi pada awal 2020 telah membuat kerusakan banyak kendaraan. Toyota bahkan mencatat sebanyak ribuan mobil telah masuk bengkel resmi untuk melakukan perbaikan.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan sejak Kamis (2/1/2020), pihaknya mulai mendata mobil yang rusak akibat banjir.

“Sejak Kamis dan Jumat minggu lalu, mulai banyak yang masuk, jumlahnya tidak sedikit. Rinciannya masih kami kumpulkan, tapi 1.000 lebih mobil sudah ada,” ujarnya kepada Kompas.com (7/1/2020).

Baca juga: Hino Berikan Diskon Servis dan Suku Cadang Bagi Truk Terendam Banjir

Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir

Menurutnya, sejumlah dealer mulai kewalahan menerima mobil yang rusak karena banjir. Sebab perbaikan jenis ini butuh ruang lebih banyak ketimbang servis biasa, belum lagi waktu pengerjaan yang lebih lama.

“Kalau mobil kena banjir kan harus kami bongkar semua komponennya, termasuk interiornya. Jadi untuk korban banjir, paling tidak satu mobil butuh dua stall, sedangkan stall kami kan terbatas,” ucap Didi.

Hal ini membuat pengerjaan mobil yang rusak karena banjir menjadi lebih lama. Meski begitu, Didi menawarkan solusi dengan mengirim mobil ke dealer daerah lain yang tidak terlalu kena dampak banjir.

Baca juga: Toyota Yaris Terbaru Siap Mengaspal, Harga Mulai Rp 178 Jutaan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf S.I.K,M.Hum melaksanakan pengecekan dan Rekayasa Arus Lalulintas di Ruas Tol dalam Kota, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf S.I.K,M.Hum melaksanakan pengecekan dan Rekayasa Arus Lalulintas di Ruas Tol dalam Kota, Jakarta, Rabu (1/1/2020).

“Biasanya dealer akan mengontak cabang yang kosong, memang lebih jauh, tapi setidaknya mobil langsung dapat penanganan. Daripada didiamkan begitu saja, nanti kerusakannya makin banyak,” katanya.

Sementara itu, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy, mengatakan jika pihaknya telah melakukan penanganan pada konsumen yang terdampak banjir.

Diler-diler yang sebelumnya sempat terendam banjir, sudah mulai menerima mobil-mobil konsumen yang rusak akibat banjir.

Baca juga: Toyota Siapkan 309 Titik Layanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Dealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado. fe Dealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado.

"Saat ini saya rasa sudah mulai beroperasi normal. Detailnya kami masih melakukan pengecekan ke seluruh dealer yang terkait," ucapnya kepada Kompas.com (7/1/2020). 

Anton juga menambahkan, pihaknya melayani beragam perbaikan terkait banjir. Baik itu untuk mobil Toyota keluaran baru, maupun model-model yang sudah tidak dijual lagi.

'Sudah cukup banyak yang masuk ke bengkel, dan sepertinya yang masuk akan bertambah terus. Semua Toyota kami terima," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X