Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan Masih Panjang, Perhatikan TWI pada Ban Sebelum Berkendara

Kompas.com - 07/01/2020, 12:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMusim hujan diprediksi masih panjang kata Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), setidaknya sampai pertengahan Februari 2020. Untuk itu, kondisi jalan akan sering basah, sehingga pemilik mobil wajib memperhatikan komponen utama, ban.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, paling mudah mengetahui kondisi ban layak pakai, dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI). Tanda ini bisa menunjukkan level aus ban, sehingga aman digunakan pada jalan, terutama saat basah.

Zulpata, menjelaskan, tanda TWI bisa dilihat dari segitiga yang ada pada dinding ban. Namun, TWI nya sendiri bisa dilihat dari telapak ban.

Baca juga: Lakukan Ini Kalau Ban Mobil Bocor di Jalan Tol Layang Japek

TWI ban mobilFathan TWI ban mobil

“Segitiga yang ada pada dinding ban dibuat untuk menunjukkan di mana TWI berada pada telapak bannya. TWI berbentuk lapisan karet dengan tinggi 1,6mm di setiap groove dari bannya,” kata Zulpata kepada Kompas.com pada Senin (6/1/2020).

Zulpata juga menambahkan kalau lapisan TWI pada telapak ban sudah terlihat, berarti ban sudah tidak direkomendasikan lagi untuk dipakai pada permukaan basah, namun kalau di jalan yang kering bukan menjadi masalah.

Oleh karena itu sebaiknya cek TWI pada ban mobil sebelum mengemudi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com