Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Tilang Elektronik Berlaku pada Kendaraan di Luar Plat B

Kompas.com - 07/01/2020, 10:33 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Meski diterapkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, tapi tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) tak hanya untuk kendaran asal Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang saja yang menggunakan pelat dengan kode B.

Mobil pendatang dari wilayah lain atau non-pelat B, juga bisa ikut terjaring ETLE bila terbukti melakukan pelanggaran di wilayah-wilayah taat hukum yang menerapkan sistem tilang elektronik tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, menjelaskan bila pada dasarnya kepolisian tidak begitu mengalami kesulitan untuk menindak pelanggar di luar kendaraan pelat B, karena hanya tinggal mencocokan data saja.

Baca juga: Tilang Elektronik Segera Berlaku untuk Sepeda Motor

"Kami tinggal connect-kan dengan data di Korlantas karena pada dasarnya kami sudah punya," ucap Yusuf beberapa waktu lalu.

Penerapan ETLE untuk kendaraan di luar pelat B nantinya juga berlaku di ruas jalan tol yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Hal ini diutarakan oleh Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif beberapa waktu lalu.

Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Menurut Arif, jenis pelanggaran yang akan ditindak di jalan bebas hambatan tak berbeda dengan yang sudah diterapkan di Jalan Sudirman hingga Thamrin.

Hanya saya di jalan tol tak menggunakan pengawasan ganjil genap, namun lebih mengutamakan batas kecepatan, bermain ponsel, dan penggunaan safety belt.

Baca juga: Siap-siap, Penerapan Tilang Elektronik Akan Diperluas

"Jadi semuanya, tidak seperti di Jalan Sudirman-Thamrin, jadi semua mobil yang melanggar akan dikenai tilang elektronik," ucap Arif beberapa waktu lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke