Analisa Awal Vespa yang Terbakar di Jalan Layang Non-Tol

Kompas.com - 06/01/2020, 17:55 WIB
Vespa terbakar di JLNT Casablanca. @humasjakfireVespa terbakar di JLNT Casablanca.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video di media sosial yang memperlihatkan motor Vespa yang terbakar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Minggu (05/01/2020). Besar dugaan motor yang terbakar tersebut sudah mengalami modifikasi.

Achmad Jayadi, pemilik bengkel AJM Skuter di bilangan Pondok Gede dan Cibubur, mengatakan, kebakaran pada motor bisa terjadi karena api dan bensin.

Baca juga: Kenali Bagian Vespa Klasik yang Sering Keropos

"Jika itu terjadi, kemungkinan karena faktor modifikasi yang besar penyebabnya," ujar Jayadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Vespa terbakar di JLNT Casablanca.@humasjakfire Vespa terbakar di JLNT Casablanca.

Mantan pebalap nasional tersebut menambahkan, kalau Vespa 4-tak yang sudah injeksi tersebut diubah menggunakan karburator, ada kemungkinan selang bensin bocor dan menetes atau mengalir ke sumber api.

"Bisa juga terjadi korsleting di kelistrikan, kabel terbakar, akhirnya mengarah ke selang bensin dari tangkinya," kata Jayadi.

Baca juga: Menakar Biaya Restorasi Vespa 2-Tak

Menurutnya, dua faktor tersebut yang paling besar kemungkinannya. Selain itu, bisa juga karena selang bensin yang usianya sudah lama dan mengeras, mudah bocor, tapi tidak diganti yang baru oleh pemiliknya.

Untuk itu, penting agar memperhatikan modifikasi yang dilakukan, apakah semuanya sudah aman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X