Catat, Ini Akses Masuk dan Keluar Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 06/01/2020, 12:45 WIB
Jalan tol elevated Dokumentasi PUPRJalan tol elevated
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi), akhirnya Tol Layang Jakarta- Cikampek atau Elevated II resmi dibuka untuk umum pada 15 Desember 2019. Pengoperasinya pun masih cuma-cuma alias belum bertarif hingga saat ini.

Meski sudah banyak digunakan pada musim libur Natal dan Tahun Baru kemarin, namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui bila tol layang terpanjang di Indonesia itu hanya dirancang khusus untuk perjalanan jarak jauh.

Artinya, pengguna jarak pendek, seperti ke arah Tambun, Cikarang, Karawang Barat, dan Rengasdengklok tidak disarankan naik ke tol layang sepanjang 36,4 km tersebut.

Hal ini lantaran tidak ada akses keluar dan masuk di bagian tengah-tengahnya, bahkan rest area pun tidak ada.

Baca juga: Lewat Tol Layang Japek Pangkas Waktu Tempuh dan Lebih Hemat BBM

"Untuk para pengguna jalan tol yang menuju wilayah Bekasi dan sekitarnya, agar menggunakan Jalan tol Jakarta–Cikampek existing (bagian bawah), sedangkan pengguna jalan tol yang akan menempuh perjalanan jauh antar kota menuju jalan tol Trans Jawa mulai dari Cikampek, Cirebon, Bandung, Semarang, hingga Surabaya dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated,” kata Kepala BPJT Danang Parikesit beberapa waktu lalu.

Lantas di mana saja titik pintu masuk dan keluar tol Layang Jakarta-Cikampek tersebut. Seperti diketahui, akses atas Cikampek ini membentang dari simpang susun Cikunir hingga Karawang Barat, proses pembangunannya terdiri dari sembilan seksi.

Mulai dari Cikunir-Bekasi Barat, Bekasi Barat-Bekasi Timur, Bekasi Timur-Tambun, Tambun Cibitung, Cibitung-Cikarang Utama, Ciakrang Utama-Ciakrang-Barat, Cikarang Barat-Cibatu, Cibatu-Cikarang Timur, dan Ciakrang Timur-Karawang Barat.

Tol Layang Jakarta-CikampekTol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Bagi pengguna yang ingin melintasi tol layang dari arah Jakarta bisa mengaksesnya dari Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Cikunir, tepatnya pada Km 10 di sebelah kiri ada pintu masuk yang langsung mengarahkan pengendara naik ke atas.

Namun perlu diingat, hanya kendaraan golongan 1non-bus yang bisa melintasi dengan tinggi maksium 2,1 meter.

Baca juga: Batas Maksimal Tinggi Mobil yang Boleh Melintas Jalan Tol Layang Japek

Akses kedua bisa dilakukan dari Tol JORR yang akan mengarah ke Cikampek. Dari Jatiasih, pengendara bisa masuk melalui pintu yang ada di KM 45 Tol JORR, sedangkan pengendara yang berasal dari Rorotan bisa masuk dari Km 46 Tol JORR.

Untuk arah sebaliknya, atau dari Cikampek yang akan mengarah ke Jakarta cukup mengaksesnya dari pintu di sebelah kiri pada Km 48 di Karawang Barat. Diingatkan lagi, tidak ada akses keluar untuk jarak dekat.

Jalur ini hanya untuk jarak jauh hingga ke arah Cawang dan Tol Dalam Kota atau JORR untuk selanjutnya mengarah ke Taman Mini, Pondok Indah atau ke Tanjung Priok. Petunjuk jalan juga sudah mulai dipasang sehingga memudahkan pengguna untuk menentukan tujuan selanjutnya setelah turun dari tol layang terpanjang tersebut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X