Jangan Kaget, Tol Trans-Jawa Kini Telah Dipasang Singing Road

Kompas.com - 06/01/2020, 06:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengemudi yang menggunakan Tol Trans-Jawa untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2020 pasti menemukan hal baru di perjalanan, khususnya saat melewati ruas Ngawi-Kertosono-Kediri. Tepatnya di rute Madiun-Solo, telah dipasang singing road alias jalan bernada.

Ketika kendaraan melintasi singing road minimal 80 kpj, maka bakal tercipta alunan nada lagu "Happy Birthday".

GM Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Agus Hariyanto mengatakan, singing road mulai dipasang pada Desember 2019 sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: 7 Januari, Tarif Baru Tol Cijago Resmi Berlaku

Ilustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan.KRQE.com Ilustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan.

Singing road saat ini berada di dua titik. Pertama, di KM 618 B yang sudah kami uji coba sejak Agustus 2019, tapi itu baru dua nada. Lalu yang sudah berbentuk lagu full ada di KM 644 +200 B,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (5/1/2020).

Agar pengguna jalan tidak kaget yang bisa berbahaya bagi pengemudi, PT JNK telah menyiapkan sejumlah rambu pemberitahuan sebelum melewati singing road.

“Saat ini kami sudah memasang tiga rambu agar pengguna jalan tahu bahwa di depan ada jalan bernada, yaitu 50 meter sebelum, 200 meter sebelum, dan 400 meter sebelum jalan bernada,” ucap Agus.

“Termasuk saat ini kami pasang tulisan di VMS (Variable Message Sign) dan minggu depan kami akan tambah satu spanduk di overpass sebelum lokasi singing road,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.