Cara Bikin Tampilan Motor Kinclong Lagi Usai Terendam Banjir

Kompas.com - 05/01/2020, 15:02 WIB
Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir di awal 2020 yang mengepung sebagian besar wilayah di Jabodetabek membuat banyak motor terendam. Banjir yang disertai lumpur dan kotoran ini tentu dapat merusak tampilan motor.

Joey Tumanduk, pemilik Fusion Motocare & Detailing di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, motor yang terendam banjir jika terlalu lama dibiarkan akan semakin sulit membersihkannya.

Baca juga: Bisakah Motor yang Terendam Banjir Sehat Kembali Seratus Persen?

"Sisa-sisa lumpurnya bisa menempel, bahkan bisa merusak cat. Parahnya lagi, bisa menyebabkan karat," ujar Joey, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Detailing pada motor dapat membuat tampilannya kembali mengkilap.Istimewa Detailing pada motor dapat membuat tampilannya kembali mengkilap.

Joey menambahkan, untuk membersihkan kotoran pada motor yang terendam banjir, langkah pertama adalah mencucinya dengan kompresor atau mesin steam.

"Jika sudah dicuci, baru selanjutnya dilakukan detailing atau dipoles. Bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke salon motor," kata Joey.

Untuk bagian mesin, jika ada kotoran yang sulit terangkat, bisa menggunakan cairan engine degreaser. Cairan ini bisa didapatkan di toko-toko perkakas.

Baca juga: Servis Motor Matik yang Terendam Banjir Harus Bongkar CVT

"Di Fusion, kita ada Signature Wash. Jadi, motor akan diberi pengkilap bodi dan cairan dressing untuk bagian trim dashboard, engine, spakbor, dan lainnya, agar terlihat lebih hitam kembali," ujar Joey.

Untuk biayanya sendiri, pengerjaan Signature Wash mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 75.000, tergantung dari kapasitas mesin motor. Sementara untuk detailing, berkisar antara Rp 300 ribu hinga Rp 1,2 juta, tergantung dari dimensi bodi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X