Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Tampilan Motor Kinclong Lagi Usai Terendam Banjir

Kompas.com - 05/01/2020, 15:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir di awal 2020 yang mengepung sebagian besar wilayah di Jabodetabek membuat banyak motor terendam. Banjir yang disertai lumpur dan kotoran ini tentu dapat merusak tampilan motor.

Joey Tumanduk, pemilik Fusion Motocare & Detailing di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, motor yang terendam banjir jika terlalu lama dibiarkan akan semakin sulit membersihkannya.

Baca juga: Bisakah Motor yang Terendam Banjir Sehat Kembali Seratus Persen?

"Sisa-sisa lumpurnya bisa menempel, bahkan bisa merusak cat. Parahnya lagi, bisa menyebabkan karat," ujar Joey, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Detailing pada motor dapat membuat tampilannya kembali mengkilap.Istimewa Detailing pada motor dapat membuat tampilannya kembali mengkilap.

Joey menambahkan, untuk membersihkan kotoran pada motor yang terendam banjir, langkah pertama adalah mencucinya dengan kompresor atau mesin steam.

"Jika sudah dicuci, baru selanjutnya dilakukan detailing atau dipoles. Bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke salon motor," kata Joey.

Untuk bagian mesin, jika ada kotoran yang sulit terangkat, bisa menggunakan cairan engine degreaser. Cairan ini bisa didapatkan di toko-toko perkakas.

Baca juga: Servis Motor Matik yang Terendam Banjir Harus Bongkar CVT

"Di Fusion, kita ada Signature Wash. Jadi, motor akan diberi pengkilap bodi dan cairan dressing untuk bagian trim dashboard, engine, spakbor, dan lainnya, agar terlihat lebih hitam kembali," ujar Joey.

Untuk biayanya sendiri, pengerjaan Signature Wash mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 75.000, tergantung dari kapasitas mesin motor. Sementara untuk detailing, berkisar antara Rp 300 ribu hinga Rp 1,2 juta, tergantung dari dimensi bodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com