Kompas.com - 05/01/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. 
KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin dan solar.

Melalui keterangan resmi, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, mengatakan penyesuaian harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai Minggu, 5 Januari 2020.

"Ini merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina," ujar Fajriyah, Jakarta, Minggu (5/1/2020).

Baca juga: Terkendala Banjir, Pertamina Pastikan Distribusi BBM Jabodetabek Aman

Ilustrasi SPBUTRIBUNNEWS/HERUDIN Ilustrasi SPBU

Ia menjelaskan, penyesuaian ini sesuai dengan amanat Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Adapun jenis BBM yang mendapat penyesuaian ialah Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Penyesuaian tiap wilayah berbeda-beda mengingat adanya perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Berikut penyesuaian harga Pertamax Cs di wilayah DKI Jakarta:

-Pertamax menjadi Rp 9.200, dari harga semua Rp 9.850 per liter.

-Pertamax Turbo menjadi Rp 9.900, dari harga semula Rp 11.200 per liter.

-Pertamina Dex menjadi Rp 10.200, dari harga semula Rp 11.700 per liter.

-Dexlite menjadi Rp 9.500, dari harga semula Rp 10.200 per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.