Belajar dari Rubicon Bupati Karanganyar yang Nyangkut, Ini Dasar Offroad untuk Pemula

Kompas.com - 04/01/2020, 12:32 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jeep Wrangler Rubicon yang gagal melintasi sungai menjadi perbincangan. Mobil yang didesain untuk medan alam itu ternyata tidak berhasil melintasi sungai dan harus ditarik menggunakan alat bantu.

Mengendarai mobil di lintasan off road atau alam memang berbeda dengan saat berkendara di jalan. Kontur jalan dan kondisi yang berbeda membuat pengendara harus memiliki keahlian tersendiri.

Selain itu, kondisi mobil yang dibawa pun juga harus menyesuaikan dengan medan yang akan dilintasi, terutama ban. Jika hal ini tidak dipersiapkan bukan tidak mungkin mobil tidak akan bisa dengan lancar melintasi medan alam.

Baca juga: Jeep Rubicon Bupati Karanganyar Terjebak di Tengah Sungai

Apalagi bagi para pemula yang penasaran menjajal medan off road. Berikut beberapa teknik dasar untuk pemula sebelum melakukan off road.

 

Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.Istimewa/Iwan Kurniawan Jenis ban yang digunakan oleh mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo. Ban menggunakan merek Super Swamper yang diimpor dari Amerika Serikat.

Jenis ban

Medan off road memiliki kontur jalan yang berbeda dengan jalan aspal. Yang pertama yang harus diperhatikan saat hendak off road adalah tipe ban.

Humas Indonesian Off-Road Federation (IOF), Tunggul Birawa menjelaskan, ban memiliki tipe yang berbeda-beda. Seperti tipe ban untuk jalan raya juga berbeda dengan medan alam atau off road.

“Yang pertama yang harus diperhatikan adalah bannya. Sebaiknya menggunakan jenis atau tipe ban yang bisa untuk segala medan atau all terrain,” ucapnya saat dihubungi KOMPAS.com, Sabtu (4/1/2020).

Kalau salah dalam memilih ban, yang terjadi adalah mobil juga sulit melalui jalur yang akan dilalui.

Baca juga: Ini Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon, Mobil Dinas Bupati Karanganyar

“Kalau menggunakan ban jenis high terrain juga bisa, tapi harus dikempesin dulu dan memainkan rpm (rotasi per menit),” kata dia.

Peserta melibas lintasan off road bersama Jurnalis 4X4 di Depes Offroad Track, Desa Pelangi, Sentul, Bogor, 24-25 November 2018. Kegiatan ini merupakan peringatan satu dasawarsa berdirinya Komunitas Jurnalis 4X4.DOK. JURNALIS 4X4/TATAN SYUFLANA Peserta melibas lintasan off road bersama Jurnalis 4X4 di Depes Offroad Track, Desa Pelangi, Sentul, Bogor, 24-25 November 2018. Kegiatan ini merupakan peringatan satu dasawarsa berdirinya Komunitas Jurnalis 4X4.

 

Pahami medan

Selain memastikan tipe ban yang sesuai hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah mengenali medan. Hal ini menurut Tunggul sangat penting untuk memastikan kondisi kontur tanah yang akan dilintasi mobil off road.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.