Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda PCX Terendam Banjir, Biaya Servis Tembus Jutaan Rupiah

Kompas.com - 04/01/2020, 09:52 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSepeda motor menjadi korban yang terendam banjir di Jakarta dan sekitarnya. Dari berbagai jenis yang terdampak banjir, Honda PCX salah satunya.

Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, kalau ada sepeda motor yang terendam total, selain menghadapi potensi masalah pada mesin, rem, dan sistem kelistrikan. Juga ada potensi lain, yakni air masuk pada lampu depan.

Contoh yang terakhir dijumpai KOMPAS.com, ketika berkunjung ke bengkel AHASS Jakarta, milik Astra Motor Center Jakarta, di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (3/1/2020).

 

“Ada dua motor PCX yang motornya terendam total dan air masuk ke lampu depan. PCX yang pertama masih model lama dan masih bohlam, yang kedua model yang baru sudah full LED,” ucap Gofur kepada Kompas.com.

Baca juga: Pentingnya Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

air dalam lampuFathan air dalam lampu

PCX lawas yang masih menggunakan sistem lampu bohlam, kata Gofur, lebih mudah untuk diperbaiki karena ada lubang yang bisa mengeluarkan air di bagian belakang housing-nya. Sedangkan, untuk PCX lansiran terbaru yang sudah dilengkapi lampu LED, air yang masuk sulit untuk keluar. Memang ada lubang, namun hanya digunakan untuk udara.

“Motor yang sudah LED lampunya tidak bisa dibuka secara peretelan, jadi harus ganti satu set lampu dan harga dari lampunya sendiri juga sudah lumayan,” kata Gofur.

Untuk suku cadang lampu LED baru Honda PCX terbaru, harganya Rp2.650.000. Biaya ini belum termasuk pemeriksaan, jasa, oli, serta suku cadang lain yang potensial menuntut untuk pergantian juga. 

Pihak bengkel, kata Gofur, mengembalikan lagi kepada konsumen, apakah mau mengganti atau tidak lampunya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com