Masalah yang Terjadi pada Motor Jika Terendam Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 08:32 WIB
Motor terendam banjir KOMPAS.com/GilangMotor terendam banjir

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir yang terjadi di Ibu Kota menyebabkan banyak kerugian, salah satunya yaitu kerusakan pada sepeda motor. Masalah motor yang terendam banjir bisa beragam, mulai yang mudah diperbaiki sampai yang sulit.

Ditemui oleh Kompas.com di Astra Motor Center Jakarta, Gofur, kepala mekanik, mengatakan,  sudah banyak pemilik kendaraan yang menyervis motornya sejak bengkel beroperasi, Kamis (2/1/2020).

“Kebanyakan yang datang adalah motor matik dan meminta untuk cek karena terendam,” ucap Gofur kepada Kompas.com pada Jumat, (3/1/2020).

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Sepeda Motor yang Terendam Banjir

bongkar cvtFathan bongkar cvt

Masalah pada motor yang berdatangan, kata Gofur, belum ada yang fatal. Setelah dibersihkan, motor bisa langsung hidup kembali. Pembersihan yang dilakukan pada bagian cvt, saringan udara, busi, dan oli.

“Kalau untuk matik pasti kita bersihkan, terutama cvt karena dia terendam. Dari dua hari ini paling banyak masalah yang pasti oli dikuras. Jika air sudah tercampur dengan oli dan motor dinyalakan, pasti nanti olinya jadi warna putih susu, itu harus segara dikuras olinya,” kata Gofur.

Selain oli, bagian yang pasti diganti adalah saringan udara. Komponen ini sudah pasti terpengaruh karena basah. Jika tidak diganti yang pasti performa motor jadi berkurang.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X