Estimasi Biaya Perbaikan Daihatsu, Suzuki, dan Honda Akibat Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 08:02 WIB
Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019) SYIFA NURI KHAIRUNNISAKetinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali 2020, sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Tak hanya pemukiman yang terendam, kendaran baik mobil maupun sepeda motor juga turut menjadi korban banjir, bahkan tidak sedikit ada yang hanyut terseret arus air.

Bagi pemilik mobil yang terendam banjir, jangan menunggu lama untuk segera memperbaikinya. Pasalnya, jika terlalu lama didiamkan, akan makin banyak kerusakan yang muncul, otomatis akan membuat pengeluaran makin membengkak.

Lantas berapa estimasi perbaikan mobil korban banjir di bengkel resmi. Untuk menjawab hal ini, Kompas.com sudah memiliki sedikit rincian biaya yang harus dipersiapkan bagi pemilik mobil Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Toyota.

Daihatsu

Menurut Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mobil yang terdampak banjir biasanya akan dilihat dulu kondisinya sampai mana mobil tersebut dimasuki air, bila hanya bagian bawah atau sampai dek saja, ongkosnya tidak akan terlalu mahal.

Baca juga: 3 Masalah yang Muncul Usai Mobil Terendam Banjir

Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).KOMPAS.com/Nibras Nada Nailufar Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

"Perbaikannya sebenarnya ada dua cara, menghilangkan bekas banjir dan mengganti beberapa suku cadang yang memang perlu diganti. Paling utama itu dilihat dulu sejauh mana mobil tergenang, bila hanya dek saja paling tinggal dibersihkan," kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Untuk ongkos pembersihan dek sampai pengeringan, Daihatsu mematok kisarannya sebesar Rp 800.000. Namun demikian, Bambang menjelaskan prosesnya tidak dijamin satu hari selesai, karena tergantung dari pengeringannya sendiri.

Sementara bila banjir sampai merendam interior dan mengenai jok, untuk Xenia bisa dilakukan dalam dua cara, yakni membersihkan atau mengganti baru. Untuk pembersihan sampai pengeringan dananya sekitar Rp 1 juta, sementara untuk pengantian jok sebanyak tiga baris banderolnya bisa mencapai Rp 6 juta.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Sejumlah warga melintas di area pemukiman yang sempat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sejumlah warga melintas di area pemukiman yang sempat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

"Untuk jok plus, kalau kendaraan bekas banjir walau masih bisa dipakai pasti ada efek negatifnya. Seperti busa yang lebih mendam (bantat), bau, dan tidak senayaman seperti awal. Tapi biasanya memang orang memilih membersihkan dibandingkan ganti baru karena mengejar fungsinya serta menekan pengeluaran yang lebih mahal," ujar Bambang.

Bila banjir merendam sampai sektor mesin, Bambang menyarankan ada beberapa pergantian penting selain dibersihkan, yakni oli mesin, oli garda, dan oli transmisi. Tapi bila ternyata air juga merendam sektor kelistrikan, terutama Electronic Control Unit (ECU), maka pemilik Xenia harus merogoh kantong hingga Rp 2,8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X