Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Mobil Karena Terendam Banjir, Mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 04/01/2020, 07:32 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banjir di Jakarta dan sekitarnya yang terjadi sejak Rabu (1/1/2020), telah merendam sejumlah mobil yang tak sempat diselamatkan. Beberapa bengkel mulai menerima order perbaikan mobil yang rusak akibat kejadian tersebut.

Seperti halnya CARfix, bengkel umum yang melayani semua jenis servis mobil, baik itu servis rutin hingga perbaikan karena terendam banjir.

Sigit Wahyu Anggoro, Group Head Marketing CARfix Indonesia, mengatakan, sejak Kamis (2/1/2020) pihaknya telah menerima konsumen yang mengalami kerusakan karena banjir Jakarta.

Baca juga: Cara Mendeteksi Lebih Detail Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir

Sebuah mobil Honda Brio rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sebuah mobil Honda Brio rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

“Selain dari konsumen umum, kami juga dipanggil dari perusahaan taksi untuk mengecek sekitar 130 unit taksi yang mati total karena terendam banjir,” ujar Sigit kepada Kompas.com (3/1/2020).

Menurut Sigit, kerusakan pada mobil yang terendam banjir kebanyakan disebabkan oleh lumpur. Lumpur ini masuk ke dalam interior, ruang mesin, dan mengotori seluruh bagian mobil.

“Tugas kami harus memastikan mobil kembali berfungsi normal. Jadi satu per satu dicek, dari eksteriornya, interiornya, dan mesinnya. Interior kami bongkar, semua bagian dibersihkan, dari karpet dasar, dasbor, doortrim, sampai plafon,” katanya.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.dok. Bengkel Brum-Fendryss Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.

Ia mengatakan, biaya perbaikan mobil yang terendam banjir dibagi dalam tiga level. Level Lite (ringan) yang paling rendah saat air masuk interior dan hanya membasahi karpet dasar.

Sementara Level Medium (menengah) saat air telah menyentuh bagian jok, doortrim, hingga dasbor. Sedangkan Level Hard (berat) ketika seluruh bagian interior basah atau telah menyentuh plafon mobil.

“Kami ada pembagian kelas mobil dari A sampai C, berdasarkan tipe dan ukuran. Pengerjaan sekitar 7 hari, yang memakan waktu lama itu bagian interior, terutama pembersihan jok, karena harus menunggu benar-benar kering supaya tidak bau,” ucap Sigit.

Baca juga: Belasan Mobil Terseret Banjir di Pondok Gede Permai Bekasi Dievakuasi

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

Berikut ini biaya perbaikan mobil yang terendam banjir di bengkel CARfix:

-Tipe A (untuk mobil-mobil mewah seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan lain-lain), Lite = Rp 3,5 juta; Medium = Rp 5,8 juta; Hard = Rp 6,7 juta

- Tipe B (untuk mobil-mobil kelas menengah seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lain-lain), Lite = Rp 2,9 juta; Medium = Rp 5 juta; Hard = Rp 5,9 juta

- Tipe C (untuk mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan lain-lain), Lite = Rp 2,2 juta; Medium = Rp 3,6 juta; Hard = Rp 4,5 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com