Cara Auto2000 Ringankan Konsumen yang Mobilnya Terendam Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 07:22 WIB
Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. AGUS SUSANTO/KOMPASLuapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Auto2000 menggelar program khusus untuk membantu meringankan biaya perbaikan mobil Toyota yang terdampak banjir. Kemudahan ini berlaku untuk semua konsumen Auto2000 atau yang melakukan pembelian mobil di jaringan diler Toyota lainnya.

Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya, mengatakan, program spesial ini berlaku mulai dari 6 Januari hingga 29 Februari 2020 mendatang.

"Kami turut prihatin dengan adanya musibah banjir yang melanda wilayah Ibu Kota dan sekitarnya, dan memahami situasi sulit bagi pemilik mobil Toyota yang tertimpa musibah banjir. Karenanya Auto2000 menyiapkan program khusus yang diharapkan dapat membantu pemilik Toyota yang kendaraannya terdampak," kata Ricky dalam keterangan resminya, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: Suzuki Siapkan Towing Gratis untuk Korban Banjir

Dalam proses pengerjaan perbaikan mobil yang terdampak banjir, Auto2 memiliki tiga metode yang dibagi berdasarkan tingkat kerusakan mobil pasca-banjir, yakni ;

1. Pekerjaan Light

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah untuk korban banjir yang terendam hingga menyentuh karpet dasar. Pekerjaan yang dilakukan meliputi melepaskan dan mengeringkan karpet, overhoul alternator, overhoul motor starter, mengecek dan membersihkan sistem pengereman, mengecek dan menyetel bearing roda, mengecek power steering hingga menguras minyak power steering hidrolis, dan memeriksa elektrikal pada junction block dan wire to wire connection.

2. Pekerjaan Medium

Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir Auto2000 berikan promo bagi mobil Toyota yang terdampak banjir

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah untuk korban banjir yang terendam hingga menyentuh sandaran jok. Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan light ditambah beberapa item lain seperti melepas dan mengeringkan jok, door trim, dasbor, dan speaker, periksa sistem AC, periksa audio, periksa sistem bahan bakar, periksa sistem pengapian, periksa alarm mobil, kuras oli mesin, kuras oli transmisi dan gardan, kuras transmisi otomatis, serta kuras tangki bahan bakar. Selain itu, harga belum termasuk PPN, menghilangkan bau, dan biaya penggantian komponen yang rusak.

3. Pekerjaan Heavy

Mobil konsumen yang masuk dalam kategori ini adalah untuk korban banjir yang terendam di atas plafon. Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan medium ditambah membersihkan atau mengganti plafon. Harga berikut belum termasuk PPN, menghilangkan bau, dan biaya penggantian komponen yang rusak.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Namun demikian, ada syarat dan ketentuan yang berlaku, yakni seperti kondisi jok, alarm, dan sound system harus standar. Sementara untuk keringan yang diberikan, menurut Ricky, Auto2000 memberikan diskon khusus sebesar 30 persen untuk jasa dan 10 persen untuk onderdil yang harus diganti.

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Selain berlaku untuk konsumen yang tak memiliki asuransi, program ini juga bisa dimanfaatkan pemilik Toyota yang memiliki asuransi tapi tanpa ada perluasan tanggungan terhadap bencana alam.

"Untuk diskon jasa dan sparepart berlaku hingga 3 Februari 2020. Sebagai gambaran, Toyota Agya yang masuk dalam segmen level pekerjaan light maka biaya jasa servis kisaran Rp 2,2 jutaan atau diskon 30 persen dari seharusnya Rp 3 jutaan. Harga tersebut belum termasuk PPN, menghilangkan bau, dan biaya penggantian komponen mobil dan komponen mobil tersebut yang rusak," ucap Ricky.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X