Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Rubicon Bupati Karanganyar Terjebak di Tengah Sungai

Kompas.com - 03/01/2020, 18:49 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com- Niat hati ingin meninjau proyek Waduk Jlantah, Kecamatan Jatiyoso, mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jeep Wrangler Rubicon justru tersangkut batu di tengah sungai.

Alhasil, mobil seharga hampir Rp 2 miliar itu tidak bisa bergerak dan harus ditarik menggunakan alat berat yang sedang melakukan pengerjaan.

SUV warna orange itu sebenarnya memang didesain untuk medan alam atau off road. Mobil tersebut dilengkapi penggerak empat roda dan menggunakan ukuran roda cukup besar yakni 33 inchi.

Baca juga: Ini Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon, Mobil Dinas Bupati Karanganyar

Akan tetapi saat digunakan untuk melintasi sungai Jlantah, mobil dua pintu yang memiliki panjang mencapai 4.237 mm, lebar 1.875 mm itu terhenti.

Mobil dengan tinggi 1868 mm dengan jarak roda 2.460 mm dan ground clearance 280 itu tersangkut pada batu sungai.

Mobil dinas Bupati Karanganyar, Juliyatmono terparkir di depan gedung DPRD. Mobil mewah seharga Rp 1,98 miliar ini akan mendampingi orang nomor satu di Karanganyar dalam berbagai aktifitasnya.ari purnomo Mobil dinas Bupati Karanganyar, Juliyatmono terparkir di depan gedung DPRD. Mobil mewah seharga Rp 1,98 miliar ini akan mendampingi orang nomor satu di Karanganyar dalam berbagai aktifitasnya.

Mobil dengan mesin DOHC direct-injection 2.0L turbocharging, mild hybrid dengan empat silinder inline atau segaris ini pun akhirnya terhenti dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Mobil baru bisa melintasi sungai setelah ditarik menggunakan alat berat eskavator.

Baca juga: Gagal Nanjak di Jalur Offroad, Mobil Dinas Rubicon Rp 2,1 M Bupati Karanganyar Ditarik Ekskavator

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, jika saat kejadian itu dirinya sendiri yang mengendarainya. Hal ini dikarenakan sang sopir yang biasanya mengendarai tidak berani saat melintasi sungai.

“Saya ingin melakukan uji coba, saya coba sendiri, kalau sopir tidak berani,” urai Yuli, Jumat (3/1/2020).

Yuli berdalih jika kegagalannya melintasi sungai lantaran gardan mobil tersangkut batu sungai. Sehingga, ban tidak ada pijakan untuk bergerak ke depan.

"Itu tadi terganjal batu, tidak ada landasan untuk menggerakkan roda. Itu tadi kan batunya curam, kalau saya teruskan gardannya yang akan kena," ujarnya.

Baca juga: Pengadaan Rubicon Bupati Karanganyar Dinilai Melukai Hati Rakyat

Selain itu, Yuli menambahkan, bahwa hal itu juga disebabkan arus deras sungai yang setelah kawasan tersebut diguyur hujan. Video mobil rubicon melintasi sungai ini pun dengan cepat viral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com