Perbuatan yang Sebabkan Klaim Asuransi Banjir Ditolak

Kompas.com - 03/01/2020, 06:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Klaim asuransi kendaraan dengan perluasan perlindungan banjir tetap bisa ditolak pihak asuransi. Keputusan itu terjadi jika pemegang polis dalam praktiknya sengaja menerabas banjir.

Julian Noor, Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, (Adira Insurance), mengatakan, klaim asuransi akan ditolak apabila pelanggan sengaja mengendarai mobilnya menerjang banjir.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil yang Terendam Banjir

“Sudah tahu ada banjir, Pelanggan tetap nekat menerobos banjir tentunya pihak asuransi akan menolak klaim ini. Kasus ini masuk dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi," kata Julian dalam keterangan tertulis, Kamis (2/1/2020).

Sebuah mobil Toyota Kijang rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sebuah mobil Toyota Kijang rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

Meski begitu kata dia, pelanggan tidak perlu kuatir jika memang mobil terendam banjir saat sedang di parkir. Asal ada jaminan perluasan banjir maka pihak asuransi akan mengganti kerugian yang ada.

"Yang terjadi saat ini banyak kendaraan (mobil) yang posisinya memang sedang parkir di rumah dan ternyata diterjang banjir, hal itu bisa di-cover (asuransi) tetapi tetap harus ada perluasan banjir,” katanya.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Pastikan Asuransi Punya Klausul Banjir

Untuk itu, Julian kembali mengingatkan pelanggan harus memastikan membeli perluasan jaminan banjir. Sebab hanya kendaraan yang diperluas risiko banjir yang akan mendapat ganti rugi dari pihak asuransi.

“Pelanggan harus memahami isi dari polis asuransi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berasuransi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.