Deteksi Mobil Bekas yang Kena Banjir, Cek Mesin dan Transmisinya

Kompas.com - 02/01/2020, 12:03 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Banjir yang menggenangi Jakarta sejak Rabu (1/1/2020) sampai Kamis (2/1/2020) membuat sejumlah mobil mengalami kerusakan. Saat terendam banjir, bagian pada mobil yang paling rentan rusak adalah mesin dan transmisi.

Imam Choiri alias Apre, pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, mengatakan kerusakan awal terjadi karena oli mesin tercampur dengan air, sehingga kemampuan oli untuk melumasi komponen mesin hilang.

“Periksa warna oli, kalau tercampur air warnanya berubah menjadi coklat susu atau keputihan, itu tanda oli tercampur air,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Mogok karena Banjir, Begini Penanganan Awalnya

Cek bagian transmisi mobil, terutama yang terendam banjir, biasanya oli tercampur air.Kompas.com/Dio Cek bagian transmisi mobil, terutama yang terendam banjir, biasanya oli tercampur air.

Selain mesin, air pasti juga masuk ke transmisi tepatnya bagian girboks. Sama seperti oli mesin, oli transmisi juga harus dikuras karena sudah tercampur dengan air.

“Baik itu transmisi matik atau manual, kalau kebanjiran cek bagian girboks. Untuk transmisi manual ganti juga oli gardan. Sebab fungsi oli transmisi sama pentingnya dengan oli mesin, sebagai penyalur tenaga ke roda,” kata Apre.

Ia juga mengingatkan untuk memastikan fungsi elektrikal mobil berfungsi normal. Jika ada masalah biasanya dapat dideteksi lewat lampu peringatan yang muncul di layar depan.

“Semua komponen elektronik rentan terhadap air, periksa fungsi semua komponen elektronik seperti lampu, audio, AC, wiper, dan lainnya. Begitu juga sistem power steering yang menganut EPS (Electronic Power Steering), biasanya sering bermasalah karena banjir,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.