Kompas.com - 01/01/2020, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan yang berlangsung semalaman di Jabodetabek pada Rabu, (1/1/2020) menyebabkan banyak daerah yang terendam banjir. Salah satu barang yang terendam banjir yaitu sepeda motor.

Jika motor anda terendam banjir, jangan langsung menyalakan mesinnya. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan pada mesin.

Endro Sutarno, technical service division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan kalau baru terendam, tidak disarankan langsung menghidupkan motornya.

“Sangat tidak disarankan untuk langsung menyalakan mesinnya, khawatir bagian kelistrikan masih banyak airnya,” ucap Endro kepada Kompas.com pada Rabu, (1/1/2020).

Baca juga: Pelajari Teknik Aman Melintasi Banjir

Motor terendam banjirKOMPAS.com/Gilang Motor terendam banjir

“Kemudian kalau bagian mesin, jika ada air di saringan udara, jangan langsung di starter apalagi di kick starter. Jika dilakukan, air yang di saringan udara bisa-bisa masuk ke ruang mesin,” ucap Endro.

Disarankan para pemilik untuk menunggu motor kering dan lakukan pengecekan pada bagian-bagian mesin seperti saringan udara, busi, dan knalpot. Setelah dipastikan kering, bisa dicoba untuk distarter hanya jangan dipaksa jika tidak bisa.

Jika dipaksakan hal yang ditakutkan adalah kerusakan pada bagian mesin dan kelistrikan. Lebih baik jika motor langsung diperiksa oleh mekanik dari bengkel resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.