Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Jangan Nyalakan Mesin Motor Usai Terendam Banjir

Kompas.com - 01/01/2020, 15:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan yang berlangsung semalaman di Jabodetabek pada Rabu, (1/1/2020) menyebabkan banyak daerah yang terendam banjir. Salah satu barang yang terendam banjir yaitu sepeda motor.

Jika motor anda terendam banjir, jangan langsung menyalakan mesinnya. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan pada mesin.

Endro Sutarno, technical service division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan kalau baru terendam, tidak disarankan langsung menghidupkan motornya.

“Sangat tidak disarankan untuk langsung menyalakan mesinnya, khawatir bagian kelistrikan masih banyak airnya,” ucap Endro kepada Kompas.com pada Rabu, (1/1/2020).

Baca juga: Pelajari Teknik Aman Melintasi Banjir

Motor terendam banjirKOMPAS.com/Gilang Motor terendam banjir

“Kemudian kalau bagian mesin, jika ada air di saringan udara, jangan langsung di starter apalagi di kick starter. Jika dilakukan, air yang di saringan udara bisa-bisa masuk ke ruang mesin,” ucap Endro.

Disarankan para pemilik untuk menunggu motor kering dan lakukan pengecekan pada bagian-bagian mesin seperti saringan udara, busi, dan knalpot. Setelah dipastikan kering, bisa dicoba untuk distarter hanya jangan dipaksa jika tidak bisa.

Jika dipaksakan hal yang ditakutkan adalah kerusakan pada bagian mesin dan kelistrikan. Lebih baik jika motor langsung diperiksa oleh mekanik dari bengkel resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com