Kompas.com - 01/01/2020, 08:02 WIB
Garis pada ban motor Stanly/OtomaniaGaris pada ban motor

JAKARTA, KOMPAS.comBan merupakan komponen yang penting pada motor karena bertemu langsung dengan aspal. Mau seaman apapun motor jika bannya tidak aman, kecelakaan akan tetap terjadi.

Salah satu masalah pada ban yaitu flat spot. Flat spot terjadi karena motor yang terlalu lama didiamkan dan permukaan ban langsung terkena lantai. Hawa dingin pada lantai menyebabkan pada bagian yang menempel pada lantai menjadi rata/flat.

Agus Sani, instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, kalau berkendara dengan ban motor yang ada flat spot nya bisa menggangu kestabilan dari motor tersebut.

“Ketika berjalan, jalan yang dilewati akan terasa bergelombang,” kata Agus kepada Kompas.com pada Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Mau Naikkan Ukuran Ban Motor, Baca Dulu Risikonya

Pastikan Anda mengganti ban yang sudah tipis demi keselamatan di jalan.Agung Kurniawan Pastikan Anda mengganti ban yang sudah tipis demi keselamatan di jalan.

Memang jika pengendara sudah biasa dengan kondisi yang seperti itu bukan menjadi masalah. Namun, dari sisi keamanan berkendara sebaiknya mengganti ban.

“Sebaiknya langsung diganti, agar berkendara lebih nyaman dan lebih percaya diri ketika bermanuver,” ucap Agus.

Menurut Jimmy Handoyo, technical service dan development department head PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR, mengatakan, kalau flat spot pada bannya belum parah, masih bisa diperbaiki.

“Kurangi tekanan udara pada ban lalu kendarai motor dalam kecepatan rendah. Kalau flat spotnya enggak parah, nanti bannya akan normal kembali. Setelah normal, isi lagi bannya dengan tekanan yang standar dari motor tersebut,” ucap Jimmy kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika cara tersebut belum menghilangkan flat spot pada ban, berarti flat spot tersebut sudah parah dan sebaiknya ban diganti dengan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.