Jelang Tahun Baru, Konsumsi Pertamax Turbo Meningkat

Kompas.com - 31/12/2019, 15:01 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan menuju Puncak di Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019). Menurut petugas Sat Lantas Polres Bogor, arus liburan Natal di kawasan wisata Puncak terjadi hari ini, Selasa (24/12) sehingga Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
ANTARA FOTO/Yulius Satria WijayaSejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan menuju Puncak di Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019). Menurut petugas Sat Lantas Polres Bogor, arus liburan Natal di kawasan wisata Puncak terjadi hari ini, Selasa (24/12) sehingga Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi harian Pertamax Turbo naik hingga 36 persen dari rata-rata harian 805 kilo liter (KL) menjadi 1.098 KL jelang perayaan Tahun Baru 2020.

PT Pertamina (Persero) menyatakan, konsumsi gasoline pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) naik 3,7 persen dibanding rata-rata harian. Adapun penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang permintaannya meningkat ialah Pertamax series.

"Beroperasinya ruas tol baru balik di Trans Sumatera, Trans Jawa, maupun jalan tol di Kalimantan menjadi pemicu permintaan bahan bakar berkualitas semakin meningkat. Hal ini untuk menunjukkan kesadaran konsumen pentingnya BBM yang bisa mendukung performa kendaraan agar terus prima selama perjalanan Nataru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman di keterangan resminya, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru, Ganjil Genap Sore Tidak Berlaku

Pertamina Foto: Istimewa Pertamina

Ia juga menyatakan bahwa selama masa Satgas, ketahanan stok seluruh jenis BBM dalam kondisi aman berada di atas standar nasional yang ditetapkan. Ketahanan stok Pertamax Turbo tercatat paling tinggi, berada pada 37 hari.

Sementara Pertamax 18 hari, Pertalite 18 hari, Premium 21 hari, dan Avtur 18 hari.

“Pertamax Turbo merupakan produk unggulan Pertamina yang memiliki oktan paling tinggi diantara produk BBM yang dijual di SPBU di Indonesia,” ujar Fajriyah.

Pertamina, tambah Fajriyah, juga telah mengamankan stok B30 dalam jumlah yang cukup selama masa Satgas. Total stok B30 tercatat 509 ribu KL dengan penyaluran harian mencapai 66 ribu KL. Stok tersebut merupakan persediaan di TBBM, belum termasuk stok di kilang dan kapal.

“Memasuki tahun baru 2020, seluruh SPBU Pertamina telah siap menjual B30. Masyarakat bisa menikmati B30 melalui produk biosolar dan Dexlite. Kelebihan B30 adalah lebih ramah lingkungan dan bersahabat dengan mesin kendaraan,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X