Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Ditutup, Ini 2 Rute Alternatif Menuju Cianjur

Kompas.com - 31/12/2019, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang malam tahun baru, jalur puncak rencananya bakal ditutup mulai pukul 18.00 WIB hari ini (31/12/2019), sampai pukul 06.00 WIB esok hari (1/1/2020).

Sebab jalur puncak bakal memberlakukan Car Free Night selama perayaan malam tahun baru 2020.

Untuk itu, Polres Bogor merekomendasikan jalur alternatif bagi pengendara yang ingin menuju ke arah Cianjur atau Bandung.

Baca juga: Polisi Siagakan Penembak Jitu di Puncak Cianjur Saat Perayaan Tahun Baru

Kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terjadi di Simpang Gadog, Ciawi. Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak, Sabtu (12/10/2019).KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terjadi di Simpang Gadog, Ciawi. Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak, Sabtu (12/10/2019).

“Ada dua jalur alternatif untuk tujuan Bogor ke Cianjur atau sebaliknya,” ucap Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri belum lama ini.

Pertama, pengguna kendaraan bisa memilih jalur Cibubur-Cianjur via Jonggol dengan jarak tempuh sekitar 86,1 km dan waktu tempuh 2 jam 45 menit. Rutenya yaitu Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Cikalong, dan Cianjur.

Kedua, melewati jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi dengan jarak sekitar 88,6 km dan waktu tempuh 4 jam 41 menit. Rutenya melewati Ciawi, Cicurug, Cibadak, kota Sukabumi, dan Cianjur.

Baca juga: Jadwal Penutupan Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru 2020

Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.

Rencananya jalur puncak akan ditutup bagi semua kendaraan pada perayaan malam tahun baru 2020.

“Tidak ada lagi kendaraan yang diberikan akses ke Puncak, kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait yang tergabung dalam forum LLAJ Kab Bogor,” kata Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com