Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Motor Jangan Pakai Sendal, Ini Model Sepatu yang Aman

Kompas.com - 29/12/2019, 18:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Safety riding harus dimulai dari diri sendiri termasuk penggunaan pakaian dan sepatu yang aman.

Menggunakan sepatu sudah lebih baik dibanding pengendara yang masih menggunakan sendal. Sepatu lebih melindungi kaki ketika panas maupun saat terjadi kecelakaan.

Agus Sani, instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS) mengatakan kalau sepatu yang baik untuk berkendara adalah sepatu yang menutupi mata kaki. Sepatu tersebut akan melindungi kaki dari benturan ketika kecelakaan.

“Sepatu yang menutupi mata kaki dapat mengurangi benturan ketika kecelakaan. Kalau mata kaki terkena cedera, penyembuhannya bisa lama, bahkan bisa cedera serius,” kata Agus kepada Kompas.com pada Sabtu (28/12/2019).

Baca juga: Instruktur Keselamatan Berkendara Indonesia Jadi Jawara di Jepang

Sepatu untuk pesepeda motor League Duraton Ride. Dengan Injected Eva pada midesole-nya, sepatu ini diklaim empuk saat dipakai, lebih responsif, dan ringan.
Kompas.com/Josephus Primus Sepatu untuk pesepeda motor League Duraton Ride. Dengan Injected Eva pada midesole-nya, sepatu ini diklaim empuk saat dipakai, lebih responsif, dan ringan.

Selama sepatu menutup mata kaki, itulah sepatu yang aman ketika berkendara. Pengendara motor bebek dan sport juga disarankan untuk menggunakan sepatu yang ada haknya. Hal tersebut dikarenakan menjaga grip antara sepatu dengan footstep.

“Hak sepatu bermanfaat agar tidak licin saat kondisi basah maupun saat digunakan waktu mengerem atau melakukan pergantian gigi,” ucap Agus.

Sepatu yang digunakan bisa boots, pantofel, atau sneakers selama sepatu itu nyaman digunakan dan tidak licin. Sepatu yang digunakan juga harus menutupi kaki karena harus bisa melindungi kaki dari cedera karena kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com