Apotek Senopati Ditabrak Lagi, Perlu Ada Evaluasi Rambu

Kompas.com - 29/12/2019, 10:42 WIB
Kondisi Apotek Senopati di Jakarta Selatan pasca ditabrak dini hari tadi, Sabtu (28/12/2019) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARKondisi Apotek Senopati di Jakarta Selatan pasca ditabrak dini hari tadi, Sabtu (28/12/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2019 belum juga berakhir, Apotek Senopati sudah dua kali hancur ditabrak oleh pengemudi mobil yang kehilangan kendali. Kejadian pertama terjadi pada Oktober lalu, saat itu bangunan tersebut ditabrak oleh Nissan Grand Livina pada dini hari.

Kejadian serupa kembali terjadi pada Sabtu (28/12/2019) pukul 04.30 WIB, BMW bernomor polisi B 610 MAG menghajar Apotek Senopati. Bangunan pun porak poranda, syukur tidak ada korban jika karena kejadian.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan perlu ada langkah evaluasi terhadap kecelakaan di Apotek Senopati agar tak terulang kembali di masa mendatang.

Baca juga: Sedan BMW Tabrak Apotek di Jalan Senopati Raya

Rambu lalu lintas perlu ditambah di sekitar Apotek SenopatiNTMC Polri Rambu lalu lintas perlu ditambah di sekitar Apotek Senopati

“Sepertinya letak apotek tersebut bahaya karena tusuk sate, relatif pada saat-saat tertentu khususnya malam atau dini hari kondisinya sepi,” ujarnya kepada Kompas.com (28/12/2019).

“Pengemudi yang lewat dapat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan gagal mengerem, sehingga menabrak bangunan tersebut. Tapi kalau jalannya di bawah 50 km/jam misalnya, itu aman-aman saja sebetulnya,” kata Sony.

Menurutnya, salah satu cara pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan speed trap di 50 meter sebelum ujung jalan. Kemudian, pihak terkait juga bisa menambahkan lampu kuning kelap-kelip di ujung jalan tersebut.

Baca juga: Apotek Senopati Ditabrak Lagi, Sudin Bina Marga Langsung Pasang Pembatas Beton di Pertigaan

Apotek Senopati di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang ditabrak mobil Livina, Minggu (27/10/2019), dini hari.KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Apotek Senopati di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang ditabrak mobil Livina, Minggu (27/10/2019), dini hari.

“Kalau sudah kesekian kali kejadian dan dengan waktu yang relatif dekat harus ada langkah penanggulangan agar tidak terulang kembali,” ucap Sony.

Selain itu, dari sisi pengemudi juga perlu diperhatikan bahwa kendaraan punya batas kecepatan di jalan perkotaan. Jangan karena kondisi jalan yang lengang membuat kita melampaui batas maksimal.

“Selalu waspada dengan menginjak rem agar antisipasi dapat dilakukan. Dan memastikan kondisi fisik prima, tidak dalam pengaruh alkohol, obat-obatan dan lain-lain. Lebih-lebih jangan menyetir kalau kondisi badan tidak fit,” ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X