Kompas.com - 29/12/2019, 07:22 WIB
lubang kecil pada knalpot mempunyai fungsi untuk pembuangan air yang masuk ke knalpot. ari purnomolubang kecil pada knalpot mempunyai fungsi untuk pembuangan air yang masuk ke knalpot.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Mungkin masih banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari bahwa pada knalpot motor terdapat lubang kecil. Keberadaan lubang kecil itu bukan karena kerusakan atau cacat produksi.

Melainkan memang didesain sedemikian rupa dan memiliki fungsi yang cukup penting. Dan mungkin banyak yang belum memahami kegunaan dari lubang kecil pada knalpot.

Lubang yang berukuran beberapa milimeter dan berada di sisi bawah knalpot itu mempunyai fungsi yang cukup penting.

Baca juga: Pasang dB Killer pada Knalpot Racing Pengaruhi Performa?

Kepala Mekanik Ahass Cahaya Sakti Motor Sragen Joko Purnomo menjelaskan, keberadaan lubang kecil pada knalpot berfungsi sebagai pembuangan air. Sehingga, saat knalpot kemasukan air, maka otomatis air akan keluar melalui lubang kecil tersebut.

Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot mobil Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot mobil

“Fungsinya adalah untuk pembuangan air. Jadi jika ada air yang masuk bisa langsung keluar melalui pembuangan tersebut,” ujarnya saat dihubungi KOMPAS.com, Sabtu (28/12/2019).

Maka dari itu, Joko menyampaikan, lubang kecil tersebut jangan sampai tersumbat atau bahkan sengaja ditutup. Kalau hal itu terjadi, maka air yang masuk ke knalpot akan tertahan di dalam.

Dampaknya bisa saja membuat knalpot mudah keropos, karena air tidak bisa keluar.

Baca juga: Berburu Knalpot Racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019

“Efeknya knalpot bisa rusak keropos, hal ini disebabkan karena air yang masuk tidak bisa keluar melalui lubang kecil yang sudah ada tersebut,” ucapnya.

Joko melanjutkan, jika air yang masuk ke knalpot cukup banyak, maka tidak hanya bisa knalpot saja, tetapi bisa saja masuk ke dalam mesin. Kondisi ini cukup berbahaya, karena bisa merusak mesin.

Knalpot SARP di Suzuki GSX-R 150.Febri Ardani/Otomania.com Knalpot SARP di Suzuki GSX-R 150.

“Kalau airnya tidak banyak, air bisa langsung keluar. Tetapi, kalau air yang masuk banyak misalkan dikendarai saat menerjang genangan banjir air bisa masuk ke mesin, sehingga bisa merusak,” kata dia.

Baca juga: Polisi Gilas 70 Knalpot Bising yang Disita Selama Razia Ramadhan

Maka dari itu, keberadaan lubang kecil itu tetap diperhatikan dan jangan sampai tersumbat atau tertutup. Hal ini untuk mengantisipasi adanya air di dalam knalpot yang bisa membuat keropos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.