Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Kotoran Burung dan Getah Pohon pada Bodi Mobil

Kompas.com - 26/12/2019, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Ketika Anda membawa mobil, sebaiknya perhatikan di mana anda memarkirkan kendaraan. Hati-hati jika terpaksa memarkir mobil di bawah pohon. Selain bisa tertimpa pohon atau kejatuhan ranting, bisa juga terkena getah dari pohon, sampai tertimpa kotoran burung.

Getah dari pohon dan kotoran burung bisa menjadi hal yang merepotkan jika dibiarkan terlalu lama menempel pada cat, karena bisa mengerak.

Riva F Hassan, founder dari Auto Clean Waterless, mengatakan, kalau kotoran atau getah dibiarkan terlalu lama, bisa menempel dan sulit untuk dibersihkan.

“Harus hati-hati deh kalau parkir di bawah pohon, bisa kena getah atau kotoran burung. Kalau dibiarin lama bisa nempel dan juga bisa jamuran bodi-nya,” kata Riva kepada Kompas.com, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Cara Mencegah Belang pada Cat Mobil

Water spot di permukaan cat mobilhttp://northwestautosalon.com Water spot di permukaan cat mobil

Cara mencegah timbul jamur terjadi, sebenarnya sangat sederhana. Pemilik kendaraan harus sigap ketika melihat ada getah atau kotoran yang menempel pada bodi mobil. Cukup menyiramkan dengan air yang mengalir.

“Segera dibersihkan dengan air mengalir saat melihat ada kotoran atau getah tersebut, kalau tidak sempat langsung, pas tiba di rumah langsung bersihkan dengan air bersih,” ucap Riva.

Untuk pengeringan langsung gunakan lap microfiber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com