Harga Sewa Mobil Naik, Sewa Innova per Hari Tembus Rp 1 Juta

Kompas.com - 24/12/2019, 16:24 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Momen libur Natal dan Tahun Baru berdampak pada ramainya persewaan mobil. Banyak masyarakat yang memilih menyewa mobil dibandingkan dengan membawa mobil sendiri.

Selain lebih fleksibel penyewa mobil di persewaan juga tidak perlu repot-repot menyetir sendiri, karena sudah ada sopir. Meningkatnya jumlah peminat sewa mobil ini membuat harga sewa turut dinaikkan.

Pengusaha rental mobil sudah biasa menaikkan harga sewa saat momen libur Natal dan Tahun Baru. Kenaikan ini menjadi hal yang wajar seiring banyaknya masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk berbagai kegiatan.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Rental Mobil Laris Manis

Kenaikan harga sewa mobil ini bervariasi. Ada yang sebesar 20 persen, ada pula yang sampai 30 persen. Salah satu pengusaha persewaan mobil di Solo Adjibon Trans, Adjie Atmodiwiryo menyampaikan, kenaikan harga sewa mobil ini sudah diberlakukannya sejak 20 Desember lalu.

“Momen libur Natal dan Tahun Baru ini jumlah orang yang sewa mobil juga naik. Saya pun juga menaikkan harga sewa sebesar 20 persen dari biasanya,” terang Adjie saat dihubungi KOMPAS.com, Selasa (24/12/2019).

Salah satu rental mobil di Jepang.NIKKEI Salah satu rental mobil di Jepang.

Adji mencontohkan, kenaikan harga ini seperti untuk jenis Toyota Kijang Innova yang sebelumnya Rp 400 ribu per hari atau per tanggal menjadi Rp 500 ribu.

“Untuk jenis Avanza yang sebelumnya Rp 250 ribu menjadi Rp 300 per hari. Tetapi, harga sewa ini belum termasuk harga sopir dan bahan bakar,” terangnya.

Untuk harga sopir, lanjut Adjie, dan juga harga bahan bakar nanti bisa ditambahkan saat penyewa melakukan perjalanan. Pemesanan sendiri kata Adjie, banyak yang sudah melakukannya jauh-jauh hari.

“Ada yang sudah melakukan pemesanan dari Oktober lalu. Biasanya, kalau yang sudah memesan itu adalah pelanggan lama,” ujarnya.

Baca juga: Fitur Review Mudahkan Cari Rental Mobil Terbaik Saat Libur Tahun Baru

Kalau yang baru, tambahnya, biasanya memesan seminggu sebelum digunakan. Otomatis harga yang diberlakukan juga harga yang baru.

“Untuk sistem sewanya kalau yang sudah lama saya bisa lepas kunci. Tetapi, kalau yang baru harus dengan sopirnya. Yang banyak diminati seperti jenis Innova, Elf dan Avanza,” katanya.

Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun BaruStanly/Otomania Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun Baru

Sementara pemilik persewaan mobil lainnya, Goedang Transport Oky Orlando mengatakan, pihaknya juga memberlakukan kenaikan harga sewa. Oky menyampaikan, kenaikan harga sewa mencapai 30 persen.

“Misalkan untuk harga sewa Innova yang sebelumnya Rp 700 ribu per hari menjadi Rp 1 juta per hari. Harga sewa itu sudah termasuk sopir dan juga bahan bakarnya,” ucap Oky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.