7 Bagian Mesin yang Perlu Rajin Dicek saat Musim Hujan

Kompas.com - 23/12/2019, 18:01 WIB
Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOPengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, sepeda motor tak hanya harus dibersihkan, tapi juga perlu dilakukan pengecekan dan perawatan. Selain tampilan luarnya, area mesin dan sekitarnya juga perlu diperhatikan.

Sebab, area mesin juga menjadi bagian yang cukup vital saat berkendara di musim hujan. Tentu akan merepotkan jika motor tiba-tiba mogok saat berkendara di tengah hujan atau saat menerjang genangan air. Berikut ini ada 7 bagian mesin yang perlu rajin dicek saat musim hujan:

Baca juga: Wajib Cek 3 Bagian Kaki-kaki Sepeda Motor Saat Musim Hujan

1. Busi dan Tutup Busi

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, bahwa busi dan tutup busi termasuk bagian yang vital pada motor. Tanpa busi, motor tidak akan bisa menyala.

Ilustrasi berkendara musim hujanadiraclubmember.com Ilustrasi berkendara musim hujan

"Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala," kata Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, pemeriksaan tutup busi dapat dilakukan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi. Kemudian, bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih.

2. Saringan Udara

Pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat. Jika komponen motor yang satu ini basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu dan juga performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga.

Baca juga: Musim Hujan, Jangan Acuh pada Headlamp Mengembun

"Cara perawatannya adalah dengan melakukan pengecekan dan penggantian saringan udara secara berkala," ujar Ade.

3. Knalpot

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X