Komponen Apa Saja yang Diperiksa Saat Mobil Tune Up

Kompas.com - 23/12/2019, 09:22 WIB
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil http://www.jupitergaragesheffield.co.ukIlustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Memang aktivitas tune up sudah semakin jarang terdengar khususnya pada mobil zaman now, yang sudah serba komputasi. Namun, mobil era 1990-an, masih era transisi, antara teknologi digital dan analog, karenanya masih lazim melakukan tune up.

Tune up merupakan upaya untuk mengembalikan performa mesin mobil seperti semula. Dalam melakukan tune up, terdapat beberapa komponen yang diperhatikan atau diperiksa.

Nurmardono, Branch Head Carfix Pondok Indah, Jakarta Selatan, berkata, pada tune up ada bagian-bagian mesin yang harus diperiksa serta dibersihkan. 

Baca juga: Apa yang Mesti Dilakukan Ketika Mesin Mobil Overheat?

“Namanya mengembalikan performa mesin suatu mobil supaya seperti semula sudah jelas ada banyak komponen yang diperiksa. Seperti karburator, throttle body, saringan udara, busi, baterai dan van belt,” ujarnya.

Berdasarkan uraian Nurmardono, disebutkan ada enam komponen yang diperiksa pada saat tune up, yaitu:

1. Karburator

Biasanya pemeriksaan karburator dilakukan oleh mobil non injeksi. Karburator akan dibersihkan, kemudian dilakukan penyetelan putaran mesin RPM mobil.

2. Throttle Body

Untuk mobil injeksi, dilakukan pemeriksaan throttle body, untuk pembersihan throotle body menggunakan alat bantu, yakni carbu cleaner.

Ilustrasi mesin mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi mesin mobil.

3. Saringan udara

Filter udara pada mobil akan diperiksa kemudian dibersihkan. Namun, apabila terlalu kotor maka perlu diganti. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X