Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Rem Sepeda Motor Apa Perlu untuk Harian?

Kompas.com - 23/12/2019, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi perangkat pengereman memang jadi salah satu tren di dunia sepeda motor. Namun modifikasi yang dilakukan pada dasarnya harus menimbang sisi keselamatannya juga, tidak hanya untuk gaya.

Upgrade pengereman yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan roda dua seperti mengganti master rem, kaliper, kabel, dan cakram. Pada penggunaan sehari-hari, apakah upgrade perangkat pengereman tersebut dibutuhkan? Atau terlalu berlebihan?

Technical training AHM, Endro Sutarno, mengatakan kalau upgrade pengereman dengan kualitas yang lebih baik bukanlah suatu masalah.

"Kalau di-upgrade menjadi lebih baik kualitasnya ya enggak apa-apa, tapi kalau kualitasnya lebih rendah, lebih baik enggak usah ganti," ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Rem Blong Jangan Langsung Panik, Ini Solusinya

Bagian dipan dikawal oleh dua piringan cakram dengan kaliper NIssin.Motorcycle.com Bagian dipan dikawal oleh dua piringan cakram dengan kaliper NIssin.

Dari sektor keamanan sebenarnya rem standar pabrikan sudah memenuhi standar keamanan. Mengganti perangkat rem kembali kepada pemilik kendaraannya.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, kalau untuk harian, perangkat pengereman standar sudah cukup.

“Yang original equipment manufacturer (OEM) itu sudah memenuhi standar-standar safety untuk pemakaian sehari-hari, tidak over used,” ucap Jusri kepada Kompas.com (21/12/2019).

Baca juga: Pentingnya Ganti Minyak Rem Mobil Secara Rutin

Orang-orang yang mengganti perangkat pengeremannya dikarenakan perilaku pemakaian yang melebihi dari standar pabrikan.

Dengan meningkatnya kemampuan rem sepeda motor, maka komponen penunjang lainnya, juga harus disetarakan. Maka dari itu, ubahan atau modifikasi jika dilakukan dengan benar, maka butuh biaya yang tidak sedikit.

“Ketika mereka mengupgrade pengereman, harus ada penyesuaian pada perangkat lain seperti suspensi dan ban,” kata Jusri.

Saat yang tepat untuk mengupgrade rem motor adalah saat adanya peningkatan yang cukup signifikan. “Dari segi performa motor yang naik harus ditingkatkan juga pengeremannya,” kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com